Purwakarta Larang Hiburan Agustusan di Masa Pandemi

Purwakarta Larang Hiburan Agustusan di Masa Pandemi
net

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta telah menyebar surat edaran (SE) baru yang harus dijalankan seluruh lapisan masyarakat. Isinya, terkait larangan kegiatan hiburan Agustusan yang biasa digelar dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menuturkan, dalam SE nomor 003.1/2199/kesra/2020 tersebut intinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak dulu menggelar kegiatan yang bisa mengundang banyak massa termasuk hiburan Agustusan. Mengingat, saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Untuk sementara ini, kegiatan hiburan Agustusan tidak boleh dulu. Karena, pasti mengundang kerumunan massa. Untuk itu, kami mengimbau masyarakat tak dulu menggelar satu acara yang bisa membuat kerumunan. Surat Edarannya, sejak kemarin sudah disosialisasikan hingga tingkat pemerintahan desa,” ujar Anne kepada INILAH, Rabu (6/8/2020).

Anne menjelaskan, SE tersebut merujuk pada surat keputusan Presiden nomor 7/2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, serta SE Menteri Kesehatan RI nomor HK.02.02/Menkes/56/2020 tentang menindaklanjuti WHO yang menetapkan status virus Covid-19 sebagai darurat kesehatan global yang sudah menjadi pandemi.

Selain itu, edaran dibuat dalam rangka menjaga dan melidungi masyarakat dari penularan virus Covid-19. Apalagi, data dari Gugus tugas menyatakan jika saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif mengalami kenaikan secara Fluktuasi. Ini jelas mengkhawatirkan.

“Tanpa mengurangi nilai dan makna dari perayaan HUT ke-75 RI, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggelar kegiatan keramaian yang bersifat hiburan ataupun perlombaan. Ini untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Anne menambahkan, pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat untuk turut andil dalam upaya pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah ini. Bukan tanpa alasan, mengingat sampai saat ini penyebaran virus corona masih sangat memprihatinkan. (Asep Mulyana)