Suasana Haru Menyelimuti Pemakaman Sekda Kabupaten Bandung Teddy Kusdiana

Suasana Haru Menyelimuti Pemakaman Sekda Kabupaten Bandung Teddy Kusdiana
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Suasana haru dan isak tangis menyelimuti rumah duka Sekda Kabupaten Bandung Teddy Kusdiana di Jalan Maribaya No 50 Kampung Pangragajian, RT 02/04, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (5/8/2020).

Sejak pagi para pelayat terus menerus berdatangan. Termasuk sejumlah pejabat Pemkab Bandung, yang merupakan rekan sejawat almarhum. Karangan bunga ucapan belasungkawa juga nampak berjejer di depan rumah mendiang Teddy.

Teddy Kusdiana meninggal dunia sekitar pukul 06.15 WIB di RS Borromeus akibat penyakit jantung yang dideritanya. Mendiang sempat masuk ke rumah sakit pada Selasa (4/8/2020).

Penuturan dari pihak keluarga, mendiang akan dimakamkan di makam keluarga. Prosesi pemakaman dilakukan setelah menunggu kedatangan Bupati Bandung Dadang M Naser.

Pukul 10.15, mendiang terlebih dahulu disalatkan di Masjid Al Hidayah. Ratusan pelayat turut mengantar dan mengikuti prosesi salat jenazah.

Jenazah mendiang dimakamkan pada pukul 11.30 WIB diiringi rintik hujan. Nampak pihak keluarga dan pelayat memadati area pemakaman mendiang. Bupati Bandung Dadang Naser memimpin langsung prosesi pemakaman.

"Kami sangat kehilangan atas kepergian almarhum. Jatah usia sudah ditentukan oleh yang kuasa. Setiap yang hidup pasti melepas nyawa. Atas nama Pemkab Bandung, pribadi, dan rekan mengucapkan bela sungkawa," kata Dadang Naser.

Mendiang Teddy Kusdiana dikenal sebagai sosok pekerja keras dan cerdas. "Almarhum turut memberikan sumbangsih pemikiran di Pemkab Bandung," ujar Dadang.

Mendiang meninggalkan seorang istri yaitu Hesti Indraputri dan dua orang anak laki-laki Rizal Indra Mahardika dan Kemal Indra Bakti.

Teddy Kusdiana, lahir di Bandung pada 20 Oktober 1963. Anak ketiga dari 7 bersaudara ini terlahir dari pasangan H E Warso dan Rd H Pudjiwati. Ia memiliki 2 orang kakak laki-laki, 1 adik perempuan dan 3 adik laki-laki.

Almarhum menduduki jabatan sebagai Sekda Kabupaten Bandung sejak tanggal 11 Januari 2019. Ia diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Bandung pada tahun 1985, sebelum KBB terbentuk.

Dalam perjalanan kariernya sebagai PNS, sebelum menjabat sebagai sekda, Teddy sempat memegang beberapa jabatan. Antara lain sebagai Kepala Dinas Perhubungan (2013-2018), Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (2011-2012), Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah (2010), Camat Soreang (2008), dan Camat Rancabali (2004).

Teddy Kusdiana mengenyam pendidikannya di SD Merdeka 5/III, SMP Pasundan VI, SMA Nasional, D2 Jurusan Pemerintahan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN), S1 Jurusan Pemerintahan Universitas Langlangbuana (Unla), dan S2 Jurusan Ilmu Administrasi Universitas Nurtanio. (Dani R Nugraha)