Google+ Akan Ditutup April, Kenapa?

Google+ Akan Ditutup April, Kenapa?
Ilustrasi

INILAH, Jakarta - Google+ akan ditutup pada 2 April mendatang, dan sejumlah fitur di layanan tersebut sudah tidak lagi dapat digunakan mulai 4 Februari.

Rencana menutup layanan Google+ untuk konsumen sudah digaungkan Google sejak Desember tahun lalu karena produk tersebut kurang diminati dan hanya sedikit yang menggunakan.

"Pada 2 April, akun Google+ Anda dan laman Google+ yang Anda buat akan dimatikan dan kami mulai menghapus konten untuk akun Google+ konsumen," kata Google, dikutip Kamis.

Konten yang dihapus termasuk foto dan video di Album Archive dan laman Google+. Untuk itu, Google menyarankan pengguna mengunduh seluruh konten sebelum April. "Hanya foto dan video yang di-'back up' di Google Photos yang tidak dihapus," kata Google.

Mulai 4 Februari juga, warganet tidak bisa lagi membuat profil, laman, komunitas dan acara di Google+. Google akan meniadakan fitur berkomentar ke situs lewat akun Google+. Blogger bakal menghapus fitur komentar dari akun Google+ pada 4 Februari sementara situs lainnya mulai 7 Maret.

"Semua komentar Google+ Anda di semua situs akan dihapus mulai 2 April 2019," kata Google. Google membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menghapus semua konten di Google+, sehingga untuk sementara konten masih dapat ditemukan. Misalnya, pengguna masih bisa melihat aktivitas 'log' atau konten masih terlihat melalui G Suite.

Loading...