Damkar Garut Buka Lowongan Kerja, No Titip-titip!

Damkar Garut Buka Lowongan Kerja, No Titip-titip!
istimewa

INILAH, Garut-Animo masyarakat pencari kerja terhadap lowongan kerja petugas pemadam kebakaran (Damkar) non-PNS di Kabupaten Garut cukup tinggi.

Setidaknya hal itu terindikasi dari banyaknya pelamar mengincar lowongan kerja di Dinas Damkar Garut pada 2020 ini.

Jumlah yang mendaftar sebagai tenaga kerja non-PNS di Dinas Damkar Garut mencapai hampir seribu orang, tepatnya sebanyak 959 orang. Padahal kuota lowongan pekerjaan tersedia hanya sebanyak 40 orang, terdiri atas 34 petugas damkar, dan enam petugas administrasi.

Menurut Sekretaris Dinas Damkar Garut Guriansyah Sukiran didampingi Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan Wawan Sobarwan, dari sebanyak 959 berkas pendaftaran diterima tim rekrutmen, sebanyak 331 pelamar di antaranya dinyatakan lolos administrasi. 

Setelah dilaksanakan tes tulis pada 29 Juli 2020, dari sebanyak 331 orang yang lolos administrasi itu sebanyak 200 di antaranya dinyatakan lolos mengikuti tes pemeriksaan kesehatan pada 4 Agustus 2020. Selanjutnya, mereka akan diseleksi tes kesempataan dan panuhir hingga akhirnya mengerucut sebanyak 40 peserta sesuai dibutuhkan.

"Kami tegaskan, seleksi pegawai ini dilakukan secara jujur dan ketat. Kami tidak ingin asal-asalan merekrut petugas. Tidak ada titip-titipan. Tim seleksi bukan hanya kita dari dinas, tapi melibatkan assesor ahli K-3 dari luar Garut, juga pihak Kodim 0611/Garut utuk seleksi tes kesehatan dan kesemaptaannya. Kami hanya mengurus administrasi," kata Wawan, Kamis (6/8/2020). 

Menurutnya, semula perekrutan tenaga petugas damkar dibuka untuk sebanyak 120 orang. Namun jumlahnya menyusut menjadi hanya 40 orang karena terimbas adanya refokusing dan realokasi anggaran, menyusul mewabahnya Covid-19.

Padahal, tutur Wawan, untuk bisa menangani kasus kebakaran dan bencana atau kegawatdaruratan non kebakaran di Kabupaten Garut, dibutuhkan sedikitnya 504 petugas. Hitungannya, untuk setiap satu kecamatan terdapat minimal satu unit damkar dengan 12 petugas. Dengan jumlah wilayah kecamatan mencapai 42 kecamatan maka petugas damkar dibutuhkan sebanyak 504 petugas. Sedangkan saat ini, petugas damkar tersedia di lingkungan Dinas Damkar Garut hanya sebanyak 63 orang ditambah UPT Bungbulang, Pameungpeuk, dan UPT Balubur Limbangan.

"Untuk satu unit damkar itu sebenarnya ada 6 petugas. Tapi karena mereka bertugas berdasarkan sift atau digilir maka per satu unit damkar itu ada 12 petugas," kata Wawan.

Kendati tahun ini hanya mampu merekrut sebanyak 40 petugas damkar, Wawan berharap pada 2024 mendatang, kebutuhan terhadap para petugas damkar akan terpenuhi. Sehingga nantinya Dinas Damkar Garut dapat memaksimalkan penanganan dan penanggulangan kasus-kasus kebakaran dan kebencanaan lainnya yang terjadi di Kabupaten Garut yang wilayahnya sangat luas itu.(zainulmukhtar)