Samsung Rilis Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+

Samsung Rilis Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+
istimewa

INILAH,  Jakarta - Gelaran Galaxy Unpacked juga dimanfaatkan oleh Samsung untuk merilis tablet terbarunya, yakni Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+.

Duo perangkat anyar ini kompak mengusung desain yang identik dengan pendahulunya, Galaxy Tab S6. Keduanya juga mendukung refresh rate 120Hz, memungkinkan pengguna melihat animasi di layar dengan mulus.

Galaxy Tab S7+ mengusung layar dengan diagonal yang lebih besar, yakni 12,4 inci, dengan panel Super AMOLED. Sementara Galaxy Tab S7 punya ukuran layarnya 11 inci dan memiliki panel berjenis IPS LCD.

Karena layarnya lebih besar, Galaxy Tab S7+ memiliki bobot lebih berat, yakni 575 gram, dengan dimensi ketebalan 5,7mm. Adapun Galaxy Tab S7 bobotnya 502 gram yang juga memiliki dimensi ketebalan 5,7mm.

Perbedaan lainnya terletak di sistem biometrik, di mana Galaxy Tab S7 menggunakan modul fingerprint yang tersemat di sisi perangkat, sementara modul fingerprint di Galaxy Tab S7+ sudah dibenamkan di bawah permukaan layar.

Selain itu, baterai Galaxy Tab S7+, yang berkapasitas 10.090 mAh, sejatinya lebih bongsor dibanding versi reguler yang memiliki kapasitas 8.000mAh. Kendati demikian, keduanya sama-sama telah mendukung teknologi pengisian cepat dengan arus 45 watt.

Terlepas dari berbagai perbedaan di atas, kedua tablet anyar Samsung ini memiliki fitur unggulan dan spesifikasi yang sama persis. Salah satu fitur andalannya adalah pena stylus S Pen khas Samsung.

Seperti di seri Galaxy Note, aksesoris berbentuk pensil digital ini bisa digunakan untuk beragam fungsi, seperti mencatat di aplikasi Noteshelf, menggambar di aplikasi Canva, mengedit video di aplikasi Clip Studio, dan lain sebagainya.

Aksesori S Pen sendiri dibekali dengan besi magnet dan bisa ditempelkan di punggung tablet.

Ada juga fungsi Samsung DeX yang dapat mengubah tablet ini menjadi layaknya PC desktop, ketika terhubung dengan monitor eksternal, serta aksesoris untuk menunjang produktivitas seperti cover keyboard.

Tenaga utama Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+ mengandalkan chipset Snapdragon 865 Plus yang mendukung konektivitas 5G.

Keduanya menjalankan sistem operasi Android 10 dengan kustomisasi OneUI Samsung di atasnya. Duo tablet ini juga mendukung antarmuka DeX Samsung yang memberikan pengalaman lebih seperti desktop ketika menggunakan casing keyboard.

Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+ dibekali opsi RAM 6GB dan 8GB dan pilihan kapasitas media penyimpanan 128GB dan 256GB yang masih bisa diperluas hingga 1TB dengan penggunaan kartu micro SD.

Pada aspek kamera, kedua perangkat sama-sama dibekali dengan dua kamera belakang (13MP + 5MP ultrawide) dan satu kamera depan (8MP).

Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+ hadir dalam tiga varian warna, yakni Mystic Black, Mystic Bronze, dan Mystic Silver.

Kedua tablet baru tersebut juga sudah dibekali dengan tiga aplikasi bawaan untuk menunjang produktivitas pengguna yang mencakup Noteshelf, Canva, dan Clip Studio.

Dijadwalkan tersedia pada musim gugur tahun ini, Galaxy Tab S7 dibanderol dengan harga mulai dari US$650 atau sekitar Rp9,5 juta. Sedangkan harga Galaxy Tab S7+ lebih mahal karena dijual mulai dari US$850 atau sekitar Rp12,4 juta. (inilah.com)