Supardi Nasir: Liga 1 2020 Tidak Adil!

Supardi Nasir: Liga 1 2020 Tidak Adil!
Supardi Nasir. (Muhammad Ginanjar)

INILAH, Bandung - Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir merasa kompetisi di musim 2020 ini berjalan tidak adil. Pasalnya kompetisi bertajuk Liga 1 itu tanpa degradasi.

Menurutnya keputusan tanpa degradasi tidak sepantasnya dilakukan di Liga 1. Sebab berpengaruh pada persaingan.

"Sebenarnya kurang pas saja persaingan tanpa degradasi. Seperti tidak adil. Daya pemikatnya kurang," kata Supardi di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. 

Bek senior bernomor punggung 22 ini yakin keputusan untuk membuat kompetisi tanpa degradasi akan membuat seluruh tim bermain aman. 

"Mungkin tim-tim papan atas, kalau sudah menyisakan beberapa pertandingan sudah fokus ke juara. Tapi kalau tim yang agak susah naik (peringkat), mereka mungkin pikir ya sudahlah main aman saja," tuturnya. 

Bermain aman, kata Supardi menjadi keputusan yang tepat bagi tim. Sebab meski berada di papan bawah, tim tidak akan terdegradasi ke kasta kedua musim depan. 

"Bedanya mungkin posisi 18 dan 1. Yang posisi tengah tidak akan ada bedanya. Beda, kalau ada degradasi, semua tim bersaing. Dan tim posisi tengah akan deg-degan," katanya. 

Karena itu, Supardi berharap kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi untuk mempertimbangkan secara matang-matang mengenai aturan tanpa degradasi di Liga 1 2020. 

Menurutnya masih banyak waktu untuk mengubah aturan tanpa degradasi lantaran Liga 1 2020 baru akan dilanjutkan 1 Oktober mendatang. 

"Mestinya ada degradasi. Tapi ini kebijakan dari pusat dan ini menyangkut masalah force majeur atau virus Corona ini, tidak tahu pertimbangannya. Tapi kalau jawaban pribadi, harusnya ada degradasi, namanya juga kompetisi," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)