Pelanggaran Menurun, Satpol PP Kab Bogor Duga Ada Lokasi TPS Liar Lainnya

Pelanggaran Menurun, Satpol PP Kab Bogor Duga Ada Lokasi TPS Liar Lainnya
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor- Walaupun pelanggaran pembuangan sampah liar menurun angkanya, namun Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho tetap waspada akan adanya perpindahan lokasi perpindahan tempay pembuangan sampah (TPS) liar.

"Dulu operasi tangkap tangan (OTT) pembuang sampah liar sampai 30 orang pelanggaran dalam satu atau dua hari operasi, hari ini jumlah pelanggar cuma dua orang yaitu dua orang wanita paruh baya berinisial I dan N warga Bojonggede dan Jakarta Selatan. Namun kita menduga ada perpindahan lokasi perpindahan pembuangan sampah liar," kata Agus Ridho kepada wartawan, Jumat (7/8).

Mantan Ketua KNPI Kabupaten Bogor ini menambahkan dua orang warga pembuang sampah liar akan disidang tindak pidana ringan (Tipiring) pada Kamis, (13/8) mendatang.

"Mereka akan disidang Tipiring berdasarkan peraturan daerah (Perda) nomor 2 tahun 2014 tentang pengendalian sampah dan Perda nomor 4 tahun 2015 tentang ketertiban umum, mereka terancam denda maksimal Rp 50 juta atau kurungan penjara maksimal selama 3 bulan," tambahnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asnan mengungkapkan selain mendisiplinkan masyarakat untuk tidak membuang sampah secara liar, jajarannya juga akan membangun tempat pembuangan sementara (TPS).

"DLH Kabupaten Bogor melakukan berbagai upaya agar sampah tidak dibuang sembarangan, selain dengan program OTT pembuang sampah liar juga ada pembangunan dua TPS di 40 kecamatan," ungkap Asnan.

Mantan Sekretaris Kecamatan Rumpin ini melanjutkan bahwa jajarannya juga akan berupaya meningkatkan retribusi pelayanan pembuangan sampah, namun hal itu bergantung juga dengan banyaknya armada truk sampah.

"Saat ini dari 256 unit truk sampah, 14 unit diantaranya dalam kondisi rusak. DLH berkeinginan menambah armada truk sampah agar semakin banyak pelayanan pembuangan sampah dan sekaligus peningkatan retribusinya," lanjutnya. (Reza Zurifwan)