Sudah Diberikan Izin dan Langgar Aturan, Kasatpol : Kita Langsung Segel

Sudah Diberikan Izin dan Langgar Aturan, Kasatpol : Kita Langsung Segel
istimewa

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah membentuk satuan tugas (satgas) gabungan penerapan protokol kesehatan untuk mengawasi tempat hiburan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Satgas gabungan ini, dikomandoi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung Rasdian Setiadi sebagai leading sektor. Satpol PP, turut dibantu TNI dan Polri dalam perjalannya di lapangan nanti.

"Yang mengatur (satgas) ini dari Satpol PP seperti penunjukan dari pak wali. Nanti kita akan buat jadwalnya berapa orang yang akan kita libatkan, dan kapan waktunya. Karena kalau tempat hiburan sudah di buka, harus ada pengawasan," kata Rasdian.

Menurut dia, apabila tempat hiburan telah di buka dan kembali beroperasi lalu melakukan pelanggaran, Pemkot Bandung harus bisa tegas untuk memberikan sanksi. Sanksinya, tempat hiburan tersebut langsung disegel.

"Jadi tidak usah ada teguran lagi, langsung kita segel saja, saya maunya seperti itu. Karena kan disini bukan posisi kasih teguran lisan ringan lagi, karena mereka sudah membuat surat pernyataan siap menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Di lain sisi, Satpol PP Kota Bandung ditambahkan  dia masih memberikan teguran secara lisan dalam penerapan sanksi masker kepada masyarakat. Namun tetapi, sanksi berbeda akan diberikan apabila dikemudian hari ditemui melakukan pelanggaran.

"Teguranya masih lisan, sanksi ringan. Kalau pas peninjauan masih ada yang nakal, kita sanksi sedang, kita kenakan kartu jaminan ambil identitas atau sanksi sosial disitu. Kalau ketemu lagi besoknya, maka dia masuk pelanggaran ketiga yaitu denda," ujar dia. (Yogo Triastopo)