OTT PKL, Satpol PP Kabupaten Bogor Lebih Humanis

OTT PKL, Satpol PP Kabupaten Bogor Lebih Humanis
Satpol PP Kabupaten Bogor lakukan operasi tertib trotoar (OTT) di wilayah Cibinong Raya. (reza zurifwan)

INILAH, Bogor - Dalam operasi tertib trotoar (OTT) di wilayah Cibinong Raya, Satpol PP Kabupaten Bogor mengaku lebih humanis kepada para pedagang kaki lima (PKL).

"Hari ini kami melakukan OTT PKL di Jalan Raya Kandang Roda, Sentul dan dalam penertiban ini kami sudah menyurati dan memberikan  pemahaman agar mundur dari trotoar dibanding langsung melakukan penertiban," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho kepada wartawan, Senin, (10/8).

Dia menerangkan dalam tindakan persuasif kepada puluhan PKL, ia mengedukkasi masyarakat bahwa trotoar bukan tempat berdagang atau kegiatan lainnya.

"Trotoar untuk pejalan kaki dan olahraga lari serta bukan tempat berdagang atau kegiatan lainnya,  hal inilah yang kami minta dipahami oleh puluhan PKL. Giat selanjutnya akan kami lakukan di Kawasan Stadion Pakansari, Jalan Raya Bogor, Jalan Raya Sukahati, Jalan Mayor Oking, Jalan Bambu Kuning, Jalan HSR Dadi Kusmayadi dan Jalan Raya Tegar Beriman," terangnya.

Agus menuturkan bagi PKL yang tetap membandel akan diancam sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Cibinong dengan dasar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum.

"Bagi para PKL yang tetap membandel dengan berdagang di trotoar atau ruang milik jalan (rumija) maka akan sidang Tipiring di PN Cibinong, dengan dasar Perda No 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum maka mereka bisa terancam denda Rp50 juta atau kurungan penjara selama 3 bulan," tutur Agus.

Selain OTT PKL, Satpol PP di masa pandemi Covid 19 juga melakukan razia tidak digunakannya masker baik oleh PKL maupun masyarakat sekitar.

"Tadi kami juga memberikan sanksi sosial kepada PKL dan masyarakat yang tidak menggunakan masker dengan dasar Peraturan Bupati (Perbup) No 42 Tahun 2020 tentang pemberlakuan PSBB Pra-AKB dan Perda No 35 Tahun 2020 tentang PSBB, hal ini kami lakukan untuk mencegah penyebaran wabah Covid 19," lanjutnya. (reza zurifwan)