Wakil Komisi I DPRD Sumedang Soroti BLT DD yang Belum Disalurkan

Wakil Komisi I DPRD Sumedang Soroti BLT DD yang Belum Disalurkan
Wakil Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumedang Dadi Sopandi. (istimewa)

INILAH, Sumedang - Wakil Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumedang Dadi Sopandi menyoroti adanya 20 desa di Kabupaten Sumedang yang belum membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap 3 kepada masyarakat terdampak Covid-19.

"Kami menerima informasi tersebut dari beberapa pendamping desa, seharusnya bantuan tersebut harus secepatnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan," ucapnya Dadi di Sumedang, Jumat (7/8/2020).

Ia mengaku, di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, banyak masyarakat yang harus kehilangan pencaharian lantaran adanya pembatasan ruang gerak mereka. Solusinya, pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan mengucurkan bantuan bagi warga terdampak Covid-19.

"Saya belum mengetahui alasan kenapa masih ada desa yang belum membagikan bantuan itu dan kami sangat menyayangkannya bisa telat seperti ini, sementara sudah banyak pula desa yang sudah menyalurkannya," katanya.

Menurutnya, pembagian BLT DD itu merupakan instruksi dari Menteri Desa (Mendes) termasuk pula sanksi apabila ada penyelewengan-penyelewengan. "Kami akan berkoordinasi dengan tingkat atas perihal adanya permasalahan ini," pungkasnya. (sur)