Peluru Bersarang di Kaki Pembobol ATM

Peluru Bersarang di Kaki Pembobol ATM
foto: INILAH/Rizky Mauludi

INILAH, Bogor - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bogor Kota menangkap tiga pelaku pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan modus ganjal ATM. Aksi kejahatan ketiga pelaku tersebut dilakukan pada 13 Juli 2020 lalu di ATM Center SPBU bensin Cemplang, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Menurut Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Hendri Fiuser ketiga pelaku tersebut berinisial UN, HY dan KA. Salah satu pelaku dihadiahi timah panas di kaki kanannya ketika ditangkap di tol CIpali.

"Total tersangka seluruhnya ada lima orang, tiga orang sudah di tangkap dan dua orang masih DPO. Selain itu kami juga mengamankan barang bukti ATM yang pernah mereka gunakan," ungkap Hendri saat pers rilis di Mako Polresta Bogor Kota, jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah pada Senin (10/8/2020) siang.

Hendri menjelaskan, modus pelaku adalah dengan menunggu di gerbang ATM. Saat ada sasaran, satu orang masuk dan langsung melakukan ganjal dengan korek api. Ketika korban tidak bisa melakukan transaksi satu orang temannya pura pura membantu dan ATM nya ditukar dengan ATM yang lain. 

"Saat korban memasukan kode pin, tersangka sudah melihat kemudian atas dasar itu tersangka mulai melakukan penariakan," jelasnya.

Hendri menuturkan, kerugian korban dari kasus ganjal ATM ini sebesar  Rp l115 juta, sehingga dengan kejadian ini dirinya mengimbau kepada masyarakat yang pernah mengalami kejadian seperti itu untuk melàpor kepada pihak kepolisian untuk mempeberat hukuman para tersangka.

"Para tersangka melanggar pasal 363 dan 378 KHUP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara," pungkasnya. (Rizky Mauludi)