PT Inti dan PT Metra Net Garap Penyediaan Android TV dan Mesin EDC  

PT Inti dan PT Metra Net Garap Penyediaan Android TV dan Mesin EDC  
istimewa

INILAH, Bandung - PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Inti) kini makin agresif melakukan aksi korporasi. Kali ini, BUMN yang bergerak di bidang manufacture and assembly, managed service, digital service, dan system integrator itu menjalin kerja sama strategis dengan PT Metra-Net.

Bersama anak perusahaan Telkom Group itu, PT Inti terkait sinergi penyediaan layanan dan produk over the top (OTT). Jalinan kerja sama itu ditandai dengan dilakukannya penandatanganan perjanjian kerja sama tentang penyediaan perangkat android TV dan mesin electronic data capture (EDC).

“Kerja sama strategis ini untuk memperkuat posisi kedua belah pihak dalam industri telekomunikasi dan teknologi informasi. PT Inti dalam hal ini akan menyuplai perangkat untuk memenuhi layanan over the top PT Metra-Net,” kata Direktur Utama PT Inti Otong Iip, Selasa (11/8/2020).

Dia menjelaskan, kolaborasi PT Inti dengan PT Metra-Net ini merupakan langkah awal dalam penyediaan layanan over the top melalui produk IndiBox dengan menggunakan akses internet pada pelanggan IndiHome. Layanan tersebut dieksekusi melalui perangkat berbasis android TV box atau Smart Box yang disertifikasi Google, yang nantinya memungkinkan pelanggan menikmati konten over the top melalui layanan Telkom.

Dalam kerja sama ini, PT Inti pun akan menyuplai mesin EDC hasil produksi perusahaan untuk menunjang aktivitas bisnis PT Metra-Net di bidang financial service technology. Kerja sama ini diharapkan tidak hanya terbatas pada layanan dan produk over the top saja. 

Ke depannya, kedua belah pihak menargetkan untuk dapat mengeksplorasi potensi kerja sama lainnya. Mengingat PT Inti memiliki kapabilitas dalam bidang produksi perangkat telekomunikasi, elektronika, informatika, produk lain yang berkaitan dengan perangkat tersebut, serta bentuk kerja sama lain yang disepakati kedua belah pihak.

“Harapannya, sinergi ini akan berkelanjutan dan memberikan efek domino pada pertumbuhan bisnis kedua belah pihak,” ujar Otong Iip. (*)