Posisi Sekda Masih Sepi Peminat, Kenapa ya?

Posisi Sekda Masih Sepi Peminat, Kenapa ya?
istimewa
 

INILAH, Bogor - Pendaftaran lelang jabatan atau open bidding Sekretaris Daerah (Sekda) masih sepi peminat setelah dibuka akhir Juli lalu, hingga pada Selasa (11/8/2020) sore belum ada satu orang pun Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon II yang mendaftar. 

Diketahui dari data BKPSDM Kota Bogor, ada 11 ASN yang memenuhi kriteria adminstrasi untuk mengikuti open bidding Sekda Kota Bogor. 

"Pendaftaran dibuka sampai 21 Agustus nanti atau selama 15 hari kerja dari pendaftaran dibuka akhir Juli lalu. Sampai sekarang belum yang yang mendaftar," ujar Kabid Formasi, Data dan Kepangkatan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Elyis Sontikasyah, Selasa (11/8/2020).

Sementara itu, Wakil Walikota Bogor, Dedie Rachim berharap, para ASN senior bisa unjuk gigi dan segera mendaftarkan diri.

"Kalau menurut saya semua layak. Yang senior-senior pastinya, ada kepala dinas, para asisten, kepala badan silahkan mendaftar," ungkap Dedie kepada INILAH.

Lebih lanjut, Dedie menjelaskan, posisi sekda merupakan pendamping dari kepala daerah. Sehingga dibutuhkan ASN senior yang memahami administrasi, birokrasi dan bisa melakukan konsolidasi baik internal maupun eksternal.

"Ya, komunikasi harus baik dan memahami administrasi juga birokrasi," tambahnya.

Dedie menyerahkan proses pemilihan sepenuhnya kepada tim panitia seleksi (pansel).  "Saya serahkan kepada tim pansel. Jadi nanti tim pansel itu akan menyerahkan tiga besar pada kami dan kemudian nanti akan dipilih oleh kepala daerah," tegasnya. (rizky mauludi)