Kodim Sumedang Bantu Wifi Gratis untuk Pembelajaran secara Daring

Kodim Sumedang Bantu Wifi Gratis untuk Pembelajaran secara Daring
Ilustrasi (istimewa)

INILAH, Sumedang - Sejumlah orang tua siswa di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang mengaku bahagia. Pasalnya, untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring tidak harus membeli kuota lantaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0610 Sumedang menyediakan wifi gratis bagi siswa di seluruh Koramil se-Kabupaten Sumedang.

Salah seorang orang tua siswa, Ahmad (41), menyambut gembira program wifi gratis di koramil, karena menurutnya, setiap hari anaknya harus belajar dan mengerjakan tugas sekolah secara online.

“Sebelum ada wifi gratis ini, saya harus menyediakan kuota. Kasihan anak saya kalau tidak bisa mengikuti pembelajaran nantinya akan ketinggalan," kata Ahmad, Senin (10/8/2020).

Menurutnya, orang tua siswa merasa terbantu, karena setidaknya dapat mengurangi beban belanja kuota. Selain itu, tambah Ahmad, setiap belajar anaknya selalu semangat karena biasanya sendiri, namun semenjak ada wifi gratis akhirnya ada teman belajar.

"Apa yang dilakukan Kodim Sumedang ini bisa ditiru institusi dan instansi lain untuk meringankan beban masyarakat. Semoga semakin banyak lagi pihak yang peduli yang turut memerhatikan kondisi pendidikan sekarang ini,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa S.E., M.Si. mengaku, adanya wabah virus corona membuat sejumlah pelajar tidak bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka langsung. Sebagai wujud kepedulian TNI terhadap dunia pendidikan. Kodim 0610/Sumedang menyediakan wifi gratis di seluruh jajaran koramil.

"Wifi gratis ini bisa diakses secara mudah oleh pelajar yang kesulitan mengikuti pembelajaran jarak jauh, karena keterbatasan jaringan internet, sehingga boleh mendatangi koramil terdekat untuk memanfaatkan fasilitas wifi yang telah disediakan," ucapnya didampingi Danramil 1014/Cimanggung Kapten Inf Setio Pribadi.

Menurutnya, fasilitas wifi gratis di koramil diperuntukkan untuk kegiatan belajar daring atau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sekolah, dan jangan dipakai di luar pelajaran seperti bermain game.

"Kami melakukan pendampingan kegiatan belajar daring warga binaan menggunakan fasilitas wifi yang ada di Koramil 1014/Cimanggung. Siswa yang melaksanakan belajar ini, dari SMPN 1 Cimanggung, bertempat di aula Koramil 1014/Cimanggung dan akan dilaksanakan secara bergiliran dan tetap memperhatikan protokol kesehatan," pungkasnya. (*)