BNPB Hibahkan PCR dan VTM ke FK UGJ Cirebon

BNPB Hibahkan PCR dan VTM ke FK UGJ Cirebon
Foto: Maman Suharman

INILAH, Cirebon - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan hibah berupa alat polymetase shain reaction (PCR) dan viral transport medium (VTM) ke Fakuktas Kedokteran Universitas Swadaya Gunungjati (FK UGJ). Bantuan diberikan untuk menambah jumlah kapasitas pemeriksaan tes Covid-19.

Rektor UGJ Cirebon Mukarto Siswoyo mengatakan, laboratorium UGJ berkomitmen untuk lakukan pengabdian masyarakat sebagai bentuk kepedulian bagi masyarakat dan membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Melalui laboratorium ini kita lakukan pengabdian masyarakat dalam membantu pemerintah untuk penanganan Covid-19," kata Mukarto, Kamis (13/8/2020).

Sementara itu, Penanggung Jawab Laboratorium FK UGJ Cirebon Doni menjelaskan selama 3 bulan laboratorium FK UGJ sudah mampu mengerjakan pemeriksaan sample tes sebanyak 3.000-3.500 tes per bulannya.

"Untuk bulan ini mengalami peningkatan jumlah tes. Pemberian hibah dari BNPB untuk meningkatkan kapasitas  jumlah tes sebanyak 600 tes sebulan," ujar Doni kepada wartawan.

Menurutnya, alat bantuan ini bekerja secara otomatis, sehingga tidak perlu dilakukan secara manual. Maka, hanya perlu ditambahkan PCR  untuk deteksi, sehingga bisa bekerja dua kali dari kapsitas pemeriksaan sebelumnya.

"Kita juga dapat regensi ekstraksi sebanyak 5200 dan sudah dilengkapi dengan reading service sebanyak 5200. Sementara VTM sebesar 500, serta bahan habis pakai sebesar 5000 sample," jelas Doni.

Doni menambahkan, dengan adanya bantuan ini, laboratorium UGJ Cirebon bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Cirebon.

"Alhamdulillah hari ini alat sudah bisa digunakan sehingga jumlah pemeriksaan di laboratorium kami kapasitasnya bisa bertambah dan penanganan pemeriksaan sample Covid-19," ujar Doni. (Maman Suharman)