Ngeri... Warga Positif Covid-19 di Purwakarta Tembus 31 Orang

Ngeri... Warga Positif Covid-19 di Purwakarta Tembus 31 Orang
net

INILAH, Purwakarta - Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta kini berada di level cukup memprihatikan. Bagaimana tidak, sampai saat ini hampir setiap harinya ada penambahan jumlah warga yang terkonfirmasi positif terpapar virus corona tersebut.

Dari data yang dihumpun Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Covid-19 setempat, pada Kamis (13/8/2020) jumlah warga yang positif sebanyak 31 orang. Padahal, jumlah warga positif di hari sebelumnya, itu sebanyak 17 orang. Artinya, hari ini ada penambahan 14 kasus warga yang positif.

Kembali bertambahnya jumlah warga yang terkonfirmasi positif ini jelas menjadi pukulan telak bagi jajaran pemerintahan setempat. Di satu sisi, pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk meminimalisasi penyebaran virus tersebut. Salah satunya, mendorong penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Namun, sepertinya masih banyak masyarakat yang salah menilai terkait penerapan AKB atau new normal itu. Buktinya, penyebaran virus tersebut belum bisa diminimalisasi, malah kerap terjadi penambahan warga yang terkonfirmasi positif terpapar ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Purwakarta Deni Darmawan menjelaskan, penambahan pasien positif yang terjadi di Purwakarta ini karena beberapa hal, seperti tak diberlakukannya lagi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), protokol kesehatan terkadang kurang dipatuhi, dan masifnya pemeriksaan swab tes.

“Untuk hari ini, terjadi penambahan jumlah pada warga yang berstatus terkonfirmasi positif sebanyak 14 orang. Kini, jumlahnya menjadi 31 orang,” ujar Deni membenarkan.

Deni menjelaskan, sejak mewabahnya Covid-19, jika diakumulasikan jumlah warga yang terkonfirmasi positif di wilayahnya mencapai 98 orang. Namun, telah dinyatakan sembuh sebanyak 63 orang. Dan ada juga 4 orang positif telah meninggal dunia.

Adapun 31 warga yang masih terkonfirmasi positif tersebut, kata dia, 15 orang diantaranya terdapat di Kecamatan Purwakarta, 7 orang di Kecamatan Wanayasa, 2 orang di Jatiluhur, 1 Sukatani, 1 Tegalwaru, 1 Darangdan, 1 Babakan Cikao, 2 Campaka dan 1 orang di Kecamatan Kiarapedes.

“Data lainnya juga kami sampaikan, untuk kontak erat jumlahnya tetap 116 orang, Suspek bertambah 7 orang, jumlahnya menjadi 19 orang dan Probable nihil,” jelas dia.

Deni menjelaskan, sejauh ini tim Gugus Tugas juga tak henti-hentinya terus melakukan sosialisasi agar warga mematuhi protokol kesehatan, karena pandemi ini masih belum selesai. Ia juga meminta agar masyarakat tetap waspada dan tetap menjalankan anjuran pemerintah berkaitan dengan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru dimasa pandemi ini.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan Dinkes Purwakarta untuk menghadapi situasi ini, Deni menyebutkan melalui pelacakan yang efektif, pelaksanaan manajemen klinis sesuai Permenkes nomor 413 tahun 2020, dan berkoordinasi dengan tim Covid-19 pusat juga provinsi.

“Itu empat langkah kami (Dinkes) Purwakarta dalam menghadapi kenaikan kasus sekarang ini,” pungkasnya. (Asep Mulyana)