Ini Program Latihan Persib Jelang Liga 1 2020

Ini Program Latihan Persib Jelang Liga 1 2020
dok/inilahkoran

INILAH, Bandung - Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya mengaku lega dengan kondisi para pemainnya. Meski sudah empat bulan berlatih mandiri, kondisi fisik para pemainnya tak mengalami penurunan yang signifikan.

Sebaliknya, Yaya merasa kondisi fisik para pemainnya stabil. Hal itu bisa dilihat dari hasil latihan yang sudah dijalankan dalam tiga hari terakhir ini.

"Meskipun programnya sedikit meleset karena rencananya Juli tapi terlaksana di Agustus awal. Kita buat program bulan Juli sama seperti bulan Oktober, tapi sekarang lebih spesifik lagi, sedikit padat tapi tidak mengurangi persiapan kita agar pemain bisa melaksanakannya dengan bagus," ujar Yaya via Zoom di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, Kamis (13/8/2020).

Yaya semakin lega, lantaran para pemainnya menunjukan antusias yang tinggi menjalani sesi latihan ini. Tentu diharapkan tetap semangat hingga Liga 1 2020 bergulir.

"Kita buat program selama dua bulan ini, setiap minggu akan selalu ada evaluasi setelah latihan. Tapi minggu 1-4 ada adaptasi training. Jadi dari jumlah latihan, misalnya di minggu pertama kita hanya ada empat kali latihan, yakni Senin, Selasa, Kamis, Jumat. Kemudian minggu kedua kita akhirnya bertahap, hingga akhirnya akhir bulan kita bikin maintenance untuk uji coba," bebernya.

Meski demikian, Yaya belum mengetahui lebih lanjut mengenai jadwal uji coba. Menurutnya laga itu akan dilakukan jika para pemainnya sudah siap untuk bertanding.

"Kita lakukan planning awal itu di akhir bulan ini, masuk awal bulan September itu ada uji coba. Di setiap minggu akhir latihan kita selalu ada meeting, dan kita akan bahas di meeting itu mengenai uji coba, dimana, dengan siapa, dan kapan. Itu yang akan kita rumuskan lebih spesifik," tuturnya.

Yang pasti, lanjutnya Persib Bandung akan menggelar beberapa laga uji coba. Tujuannya agar para pemain bisa benar-benar siap menghadapi Liga 1 2020 yang akan dilanjutkan 1 Oktober mendatang.

"Kita akan coba melakukan uji coba, melihat kesiapan tim seperti yang kita lihat seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Ini bukan preseason, makanya kita coba buat itu dengan simulasi dari gim. Sehingga kita menspesifikan untuk uji coba baru kita akan buat. Idealnya berapa kali? minimal empat tapi sampai enam," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)