Pemerintah Dukung Kempo Dipertandingkan di SEA Games

Pemerintah Dukung Kempo Dipertandingkan di SEA Games
Menpora Zainudin Amali. (Antara Foto)

INILAH, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mendukung kempo dipertandingkan pada tingkat internasional, terutama SEA Games.

"Kempo harus berjuang keras bagaimana kempo bisa stabil dipertandingkan di SEA Games. Tentu kita harus melobi pimpinan kempo dunia. Kami dukung apa yang diperlukan dari Kemenpora akan kami lakukan," kata Zainudin dalam pembukaan Kejuaraan Nasional Tandoku Virtual Shorinji Kempo Piala Menkominfo 2020 di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Zainudin yakin kempo bisa menjadi salah satu lumbung medali jika dipertandingkan di SEA Games. Dia juga mendorong Kemkominfo agar rutin menggelar kejuaraan kempo sebagai ajang para kenshi berkompetisi menjaring atlet unggulan.

Inisiasi Kemkominfo dalam menggelar kejurnas kempo pun diharapkan menggugah kementerian lainnya dalam memiliki satu cabang olahraga unggulan dukungannya.

"Harapan kami jika boleh di satu kementerian ada satu cabang olahraga unggulan dan didukung. Saya berterima kasih kepada Kemen Kominfo yang telah mendorong Kempo," kata dia lagi.

Kemkominfo untuk pertama kalinya menggelar Kejuaraan Nasional Tandoku Virtual Shorinji Kempo Piala Menkominfo 2020 pada 13-14 Agustus.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan kejuaraan virtual ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-75 RI.

Kejuaraan ini diikuti 293 peserta dari 34 kontingen, 33 provinsi ditambah 1 host Dojo Kominfo dan mempertandingkan tujuh nomor, meliputi embu solo kyu kenshi putra, embu solo kyu kenshi putri, embu solo yudansha I dan putra, embu solo yudansha I dan putri, embu solo yudansha II dan III dan putra, embu solo yudansha II dan III dan putri, serta embu solo beregu campuran.