DPRD Jabar Puji Pemkab KBB Soal DOB

DPRD Jabar Puji Pemkab KBB Soal DOB
Istimewa

INILAH, Bandung – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Bedi Budiman memuji capaian besar yang berhasil dilakukan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, selaku Daerah Otonomi Baru (DOB).

Pada kunjungan kerja dalam rangka menggali informasi terkait pembentukan DOB, Komisi I DPRD Jabar disambut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan, Imam Santoso. Dalam kesempatan itu, Imam menyampaikan tidak mudah bagi pihaknya meraih pencapaian tersebut.

Dia menjelaskan, banyak permasalahan yang dihadapi oleh DOB. Salah satunya minimnya ketersediaan aparatur pemerintah yang kompeten. Sehingga berakibat melambatnya laju pertumbuhan tata kelola pemerintah, kendati pada akhirnya bisa diatasi.

Meski demikian, Bedi mengaku salut karena sebagai DOB, Pemkab KBB cukup berhasil secara infrastruktur, penguasaan aset daerah dan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tengah pandemi Covid-19. Kejelian Pemkab KBB kata dia patut mendapat apresiasi.

“Saya mengira Bandung Barat ini sumber pendapatan asli daerahnya dari sektor pariwisata.Ternyata yang dikatakan Pak Imam tadi dari sektor industri yang paling besar. Ini membuktikan bahwa meskipun lingkupnya kecil tapi sektor industri ini mempunyai impact yang besar terhadap Pendapatan Asli Daerah,” ujar Bedi di sela kunjungan, Rabu (12/8/2020).

Menyikapi hal ini, anggota Komisi I lainnya Muhamad Sidkon Djampi berharap, infromasi yang didapat dari Pemkab KBB tersebut dapat menjadi bahan evaluasi untuk Pemprov Jabar agar lebih matang dalam usulan DOB supaya permasalahan serupa tidak terulang, terlepas KBB berhasil melaluinya dengan baik. Mengingat belum tentu daerah lain mampu mengatasinya. (Yuliantono)