Cyber Crime Polda ke Bogor, Bukan Telisik Permainan Lelang

Cyber Crime Polda ke Bogor, Bukan Telisik Permainan Lelang
Kepala Kantor Bagian Pengadaan Barang Jasa Kabupaten Bogor Bambam Setiaji. (Reza Zurifwan)

INILAH, BogorTim Cyber Crime Polda Jawa Barat mendatangi Kantor Bagian Pengadaan Barang Jasa Kabupaten Bogor. Kedatangan mereka bukan menggeledah, tetapi mengumpulkan informasi sistem yang salah pada aplikasi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) 4.3u.

Berita di luar kantor kami digeledah, padahal Tim Cyber Crime Polda Jawa Barat hanya mengumpulkan informasi error system pada aplikasi LPSE 4.3u,kata Kepala Kantor Bagian Pengadaan Barang Jasa Kabupaten Bogor, Bambam Setiaji kepada wartawan, Kamis (13/8).

Mantan Kabid Penanaman Modal di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) ini menerangkan error system pada aplikasi LPSE 4.3U ini diketahui setelah adanya pengaduan dari peserta lelang yang mengeluhkan tidak adanya data-data calon proyek yang ingin mereka kerjakan.

Ternyata error system pada aplikasi LPSR 4.3u ini sudah berlangsung sejak akhir 2019 lalu, namun baru terjadi di Bumi Tegar Beriman baru-baru ini. Kita juga sudah menanyakan perihal ini ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) dan kabarnya akan segera diperbaiki, terangnya.

Atas error system pada aplikasi LPSE 4.3u ini, maka bekerja sama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, pihaknya akan menginput data-data rincian proyek dalan format PDF.

Kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) atau SKPD, kami meminta mereka menginput data-data rincian proyek dalan format PDF. Mungkin kerja mereka dan peserta lelang dua kali, tetapi ini solusi sementara sebelum LKPP memperbaiki atau memperbarui aplikasi LPSE, tutur Bambam.

Atas gangguan error system ini dan lainmya, Bagian Pengadaan Barang Jasa mengaku sedikit terhambat dalam upaya proses percepatan lelang seperti arahan Bupati Bogor Ade Yasin.

Jujur kami sedikit  terhambat dalam upaya proses percepatan lelang, tetapi kami yakin akan ada solusi terbaik. Namun kami ingin menyakinkan kepada peserta lelang pengadaan barang jasa bahwa error system pada aplikasi LPSE 4.3u ini bukan ada pengaturan atau permainan pemenang tender seperti yang diisukan diluar, tukasnya. (reza zurifwan/ing)