Ajay Harap Peran Aktif Pramuka Membantu Tanggulangi Covid-19

Ajay Harap Peran Aktif Pramuka Membantu Tanggulangi Covid-19
foto: Ahmad Sayuti

INILAH, Cimahi- Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna berharap semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa indonesia

Hal itu diungkapkannya saat memimpin upacara peringatan HUT 59 Pramuka Tingkat Kota Cimahi, di Plaza Rakyat, Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusuma, Jumat (14/8/2020). 

HUT Pramuka kali ini bertema Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara. Selain itu upacara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan peserta. 

“Tema tersebut menjadi tema utama seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan pramuka pada tahun 2020. Serta menjadi perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa indonesia.” katanya.

Sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka, Dwi Satya dan Tri Satya serta Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka, yang menekankan kepada para pramuka agar dapat menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat.

“Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda, diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati, berpengertian, bertoleransi, dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa, tanpa memandang perbedaan yang ada, baik suku, agama, ras maupun aspirasi politik.” ujar Ajay. 

Ia menegaskan, sejak terjadinya wabah covid-19 yang telah melanda Indonesia, gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya.

Itu menandakan betapa pramuka berusaha menepati janjinya, yang antara lain mengatakan 'demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap tuhan dan negara kesatuan republlk indonesia'.

Ajay pun dalam pidatonya berkomitmen agar pramuka menjadi organisasi yang dapat lebih diperhatikan. Pramuka memiliki potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaannya. karenanya, bantuan pemerintah dan semua pihak sangat diharapkan, agar gerakan pramuka dapat semakin berkembang untuk menjadi bagian penting dalam mewujudkan negara kesatuan republik indonesia yang adil dan sejahtera berdasarkan pancasila dan UUD 1945. (Antara)