Kasus Positif Covid-19 di Garut Melonjak Jadi 61 Kasus

Kasus Positif Covid-19 di Garut Melonjak Jadi 61 Kasus
ilustrasi

INILAH, Garut-Hingga Sabtu (15/8/2020), kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut terus melonjak menjadi sebanyak 61 kasus dengan sebaran meluas di 23 kecamatan.

Dua kasus di antaranya diketahui anggota DPRD Garut. Sehingga gedung DPRD Garut sementara ditutup selama 14 hari, mulai hari ini. Para legislator lain dan pegawai di lingkungan Sekretariat DPRD pun melakukan tugasnya melalui daring atau bekerja dari rumah (work from home).

Menurut Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut Yeni Yunita, penambahan tiga kasus baru positif Covid-19 per 15 Agustus 2020 itu yakni seorang laki-laki berusia 29 tahun (KC-59) asal Kecamatan Kadungora, seorang laki-laki berusia 49 tahun asal Kecamatan Cisurupan (KC-60), dan seorang perempuan berusia 22 tahun asal Kecamatan Balubur Limbangan (KC-61).

Menyusul kasus-kasus baru positif Covid-19 tersebut, kata Yeni, Tim Sub Divisi Pencegahan lalu melakukan kegiatan tracking dan tracing pada kontak erat KC-57 dan KC-60 di Kecamatan Tarogong Kidul, dan pada kontak erat KC-58 di Kecamatan Pangatikan dengan dilakukan penyelidikan epidemiologi dan pengambilan sampel swab. 

Tim juga melakukan skrining masif pemeriksaan dan pengambilan sampel swab terhadap sebanyak 115 orang di Kecamatan Cisurupan, Tarogong Kidul, Kadungora, Tarogong Kaler, Garut Kota dan Kecamatan Pangatikan. 

"Kasus suspek Covid-19 juga ada penambahan laporan sebanyak dua kasus asal Kecamatan Bayongbong dan Kecamatan Cisurupan," kata Yeni.

Dia menyebutkan, hingga pukul 18.00 WIB, total kasus Covid-19 di Kabupaten Garut sendiri mencapai sebanyak 5.521 kasus. Rinciannya, 2.557 kasus kontak erat, 2.903 kasus suspek, dan 61 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari total kasus Covid-19 tersebut sebanyak 38 orang di antaranya meninggal dunia.

Sedangkan pasien positif Covid-19 masih dirawat mencapai sebanyak 19 orang, dan dua orang menjalani isolasi mandiri.

INILAH mencatat, dengan adanya tambahan tiga kasus baru positif Covid-19 itu maka selain angka kasus positif Covid-19 bertambah, sebarannya pun terus meluas menjadi di sebanyak 23 dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut dengan dikonfirmasinya kasus positif Covid-19 asal Kecamatan Balubur Limbangan. Pun termasuk kasus positif Covid-19 di Kecamatan Cisurupan bertambah menjadi sebanyak lima kasus, dan di Kecamatan Kadungoran menjadi sebanyak empat kasus.

Selengkapnya sebaran kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut hingga kini yakni di Kecamatan Selaawi (8 kasus), Tarogong Kidul (7 kasus), Tarogong Kaler (6 kasus), Cisurupan (5 kasus), Bayongbong (5 kasus), Leuwigoong (4 kasus), Kadungora (4 kasus), Banyuresmi (2 kasus), Garut Kota (2 kasus), Kersamanah (2 kasus), Sukawening (2 kasus), dan Kecamatan Cilawu (2 kasus).

Kemudian, Kecamatan Pangatikan (2 kasus), Cibatu (1 kasus), Wanaraja (1 kasus), Karangpawitan (1 kasus), Cigedug (1 kasus), Cikajang (1 kasus), Leles (1 kasus), Sukaresmi (1 kasus), Bungbulang (1 kasus), Cibiuk (1 kasus), dan Kecamataan Balubur Limbangan (1 kasus).(zainulmukhtar)