HUT ke-75 RI, Ini Kata Wakil Ketua DPRD Kota Bandung

HUT ke-75 RI, Ini Kata Wakil Ketua DPRD Kota Bandung
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Achmad Nugraha menyambangi wilayah Jalan Haji Yasin 3, RT 05, RW 03 Kelurahan Sukabungah, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

Bersama Lurah Sukabungah, Bandung, Wakil Ketua DPRD Kota Bandung ini menyusuri beberapa gang untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang tengah berbaring sakit Tuberkulosis dan kanker payudara. Dia memberikan bantuan berupa kursi roda, uang santunan dan sembako.

Ya, hal ini dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 dan tidak bisa merayakan euforia secara berlebihan apalagi di musim pandemi ini.

Dia ingin mengajak seluruh masyarakat dan pemerintah untuk secepat mungkin melakukan perhatian yang mendalam, khususnya masyarakat Kota Bandung.

"Kita memberi kursi roda itu karena memang dia masuk gang dan susah berobat ke Rumah Sakit (RS). Saya meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung harus memberikan pemantauan kepada masyarakat ini, karena BPJS itu sudah bebas tidak ada cost sharing. BPJS itu harus bebas biaya sesuai dengan klas," papar Politisi PDIP Kota Bandung, ini.

Dia berharap seluruh RS di Kota Bandung tidak lagi membuat orang yang sulit mendapatkan obat, apalagi di musim pandemi seperti ini. RS harus menyantuni fungsi sosial sebesar 25 persen, dan kepedulian RS jangan ada lagi berargumentasi bahwa obatnya tidak ada susah dicari.

RS harus mendapatkan dan berikhtiar. Kalau berbicara obat itu tidak ada, harus dikoordinasikan melalui Dinkes Kota Bandung atau melalui fasilitas yang memang dikoordinasikan oleh BPJS dan RS.

"Saya kira tidak ada alasan lagi dikatakan obat itu tidak ada, karena sakitnya berbeda. Yang satu Tuberkulosis ini dikatakan tidak ada obatnya. Saya akan sampaikan kepada Dinkes Kota Bandung akan saya undang, bahwa beberapa RS selalu mengatakan itu, saya kecewa dengan pelayanan itu, tidak boleh mengatakan tidak ada obatnya," papar Achmad, Minggu (16/8/2020).

Lurah Sukabungah, Bandung, Nani Mulyani menambahkan pihaknya sangat mengapresiasi kepada Politisi PDIP ini, yang membuat warganya yang tengah sakit. Mereka memberikan kursi roda, uang dan sembako yang sangat penting, apalagi di musim pandemi.

"Karena posisinya penyakit sangat berat. Kita bekerjasama dan koordinasi dengan pengurus RT RW, Pak Camat Sukajadi. Mudah-mudahan diberikan kesehatan," tambah Nani. (Okky Adiana)