20 Agustus, Pesawat Jenis Jet Kembali Terbang dari Bandara Husein Sastranegara

20 Agustus, Pesawat Jenis Jet Kembali Terbang dari Bandara Husein Sastranegara
Foto: Doni Ramdhani

INILAH, Bandung - Direktur Utama PT Angkasa Pura 2 Muhammad Awaluddin memastikan, pada 20 Agustus mendatang, pesawat jenis jet akan kembali terbang dari Bandara Husein Sastranegara.

"Berdasarkan keputusan Dirjen Perhubungan Udara, penerbangan menggunakan pesawat tipe jet kini bisa dilakukan melalui Bandara Husein Sastranegara," kata Awaluddin di Bandung, Minggu (16/8/2020).

Menurutnya, keputusan itu merupakan pengembangan multi-airport system antara Bandara Husein dan Kertajati. Dengan adanya keputusan itu, slot di Kertajati tidak secara otomatis ditutup.

Dia menyebutkan, dibukanya kembali penerbangan pesawat jet dari Husein itu merupakan strategi untuk memaksimalkan utilisasi slot di bandara. Sejauh ini, slot di Husein hanya sebesar 11%.

Selain memenuhi permintaan, Awaluddin pun mengaku strategi itu dilakukan untuk menggembalikan kepercayaan terbang masyarakat. 

"Untuk rebuilding trust ini kita menerapkan safe travel campaign. Di setiap penerbangan itu harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Campaign ini pun harus dijalankan secara bersama dari setiap industri yang terlibat. Mulai dari pihak bandara, maskapai, ground handling system, trnasportasi, hingga industri perhotelan," jelasnya.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Andika Nuryaman mengatakan pada 20 Agustus 2020 itu ada dua maskapai yang melayani calon penumpang.

"Dua maskapai itu Lion Air dan Citilink," sebutnya.