Materi Pembelajaran Kreatif Banyak Diunduh Siswa

Materi Pembelajaran Kreatif Banyak Diunduh Siswa
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Materi pembelajaran kreatif di sejumlah situs terpercaya banyak diunduh siswa untuk mengisi waktu luang selama pandemi Covid-19.

"Materi pembelajaran kreatif yang berada di situs kami yakni pada laman www.Faber-Castell.co.id diunduh sebanyak 7.100 kali hingga saat ini," ujar Digital Marketing Manager PT Faber-Castell International Indonesia Martin Sori Tjukrono dalam keterangannya di Jakarta, Ahad.

Pihaknya mencatat terjadi peningkatan akses hingga 300 persen atas video tutorial dan materi pembelajaran lainnya.

Martin menjelaskan bahwa selama periode Mei hingga Agustus, akun Youtube Faber-Castell Creative Kids tercatat memiliki penonton hingga 302.600 dengan peningkatan jumlah pengguna 851 orang dan dengan total jam menonton mencapai 4.500 jam.

Hal itu dikarenakan adanya pembatasan yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 sehingga banyak yang mencoba meredakan ketidakpastian tersebut melalui beragam kegiatan positif, salah satunya adalah menggambar dan melukis.

"Anak-anak dan orang tua merupakan salah satu kategori umur yang sangat terdampak dengan adanya pembatasan tersebut," jelas dia.

Menggambar, mewarnai, dan melukis secara manual di atas kertas dipercaya banyak penelitian dapat membantu mengurangi kecemasan, membantu daya ingat hingga kembali meningkatkan kreativitas, kegiatan tersebut banyak dipilih oleh anak-anak dan para orang tua dalam rangka mengisi waktu beberapa waktu lalu.

Praktisi Art Therapy, Adi Chandra, mengatakan pada dasarnya manusia diciptakan untuk menciptakan sesuatu atau berkarya sesuai kapasitasnya masing-masing atau “created to create”.

Adi menambahkan, proses eksplorasi perasaan dan pikiran, reality testing, penyelesaian konflik emosional, dan pengembangan kemampuan sosial, mengurangi kecemasan serta meningkatkan kepercayaan diri hanya bisa didapatkan melalui kegiatan berkesenian.

"Kegiatan seni khususnya menggambar sendiri banyak memiliki banyak nilai lebih, sehingga penting bagi kita untuk terus berkreasi di era adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini," terang Adi.

Kepala Pusat Penilaian Karakter Kemendikbud, Hendarman, mengatakan kegiatan menggambar maupun melukis sangat penting untuk penanaman karakter pada anak. (antara)