Nusantara Fashion Festival 2020 Dibuka Mulai Hari Ini

Nusantara Fashion Festival 2020 Dibuka Mulai Hari Ini
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020, yang menghadirkan virtual fashion show terbesar pertama di Indonesia, dibuka hari ini dan akan berlangsung hingga 17 Agustus bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75, dengan mempersembahkan karya mode dari 75 kolaborator perancang busana.

NUFF 2020 merupakan peragaan mode virtual yang menampilkan ragam produk mode buatan Indonesia, mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris, fabrik, kerajinan tangan dan riasan. NUFF 2020 juga menghadirkan virtual Charity Auction yang dapat diakses melalui situs resmi NUFF 2020 dan telah dimulai 16 Agustus 2020 sampai dengan 31 Agustus 2020.

"Kami harapkan Virtual Fashion Show dan Charity Auction NUFF 2020 dapat menjadi wujud perjuangan industri kreatif untuk dapat mengakselerasi UMKM di sektor mode serta mempresentasikan karya dan produk mode tanah air," ujar Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI--bank BUMN yang mendukung acara ini--dalam pembukaan NUFF 2020, Minggu.

Jay Subyakto selaku Art Director dan Kurator NUFF 2020 mengatakan konsep panggung mode virtual ini memberinya kebebasan untuk memperlihatkan secara detail rancangan dari desainer yang terlibat. Dia pun tidak berkiblat pada pertunjukan peragaan mode virtual di luar negeri dan murni hasil dari pemikirannya.

"Jelas konsep ini bagaimana supaya produk Indonesia ini harus didukung kalau bisa setiap bulan enggak hanya saat kemerdekaan. Saya enggak ada referensi sama sekali dengan yang di barat. Saya diskusi dengan pembuatnya, mudah-mudahan ini bisa memuaskan semua," kata Jay.

Selain menghadirkan presentasi karya mode, NUFF 2020 juga mendukung dan memberikan ruang bagi UMKM mode untuk berinteraksi dengan konsumen. Hal ini diwujudkan melalui kolaborasi dengan Tokopedia dan Bukalapak sebagai official e-commerce partner.

Untuk hari pertama, panggung mode digital ini akan mempresentasikan karya dari 59 kolaborator di antaranya Aidan And Ice, Amalia Jewel, AMOTSYAMSURIMUDA, Amstamb, Atelier Pedra, BYO, Chiel Shoes, Ciel, Clarissa Kwok, Cotton Ink, Danjyo Hiyoji, Deden Siswanto, Denny Wirawan, Dibba, Égon, Ella & Glo, EPA Jewel, ETU, fbudi, Fréj, Friederich Herman, Hattaco by Rani Hatta, House of Jealouxy, IKYK, hingga Purana.

Pada hari kedua, akan ada Special Gala Show NUFF 2020 yang menampilkan penampilan karya mode dan pertunjukan khusus dari Afgan, Hindia, Rossa, dan Sara Fajira untuk memeriahkan hari ulang tahun Indonesia yang ke-75.

Enam belas perancang busana yang akan memperlihatkan karyanya adalah Adrian Gan, Auguste Soesastro, Bin House, Didi Budiardjo, Didiet Maulana, Eddy Betty, Edward Hutabarat, Ghea Fashion Studio, Heaven Tanudiredja, Hian Tjen, Mel Ahyar, Priyo Oktaviano, Rinaldy A. Yunardi, Sebastian Gunawan, Sejauh Mata Memandang, dan Tex Saverio.

Seluruh rangkaian NUFF 2020 ini dapat disaksikan secara live stream di www.nusantarafashionfestival.com. (antara)