Tips Menghemat Pulsa Dukung Anak Sekolah Daring

Tips Menghemat Pulsa Dukung Anak Sekolah Daring
istimewa

INILAH, Bandung-Pembelajaran jarak jauh (PJJ) diterapkan pemerintah akibat pandemi COVID-19 yang masih berkepanjangan. Hal ini tentu menambah beban bagi orangtua siswa, karena dengan proses belajar yang dilakukan virtual dari rumah praktis menambah biaya pulsa.

Perubahan tata cara proses belajar mengajar juga membuat perilaku masyarakat menjadi lebih senang bermedia sosial. Terlebih kini anak-anak harus memiliki ponsel agar bisa mengikuti pelajaran melalui PJJ. Tak jarang, masyarakat akhirnya sengaja beli pulsa online dengan jumlah yang cukup besar. Penggunaan paket data internet yang sering pun membuat pemakainya harus mengeluarkan budget yang lebih.

Agar pemakaian pulsa tidak menguras kantong, berikut beberapa tips dan cara efisien menghemat pulsa:
1. Pakai Sesuai Kebutuhan
Salah satu kegunaan adanya pulsa adalah untuk membeli kuota internet agar bisa terkoneksi dengan jaringan. Koneksi internet ini bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya, mengikuti PJJ dan juga untuk bersosialisasi. Namun, penggunaan pulsa atau kuota internet yang berlebihan, tentu bisa memicu pembengkakan biaya yang harus dikeluarkan. Semakin sering Anda menggunakan pulsa, tentu semakin sering harus isi ulang. Itulah mengapa, penting sekali bagi Anda dalam menghemat penggunaan di setiap harinya. Agar tidak boros, gunakan seperlunya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Mengisi Pulsa Sekaligus dengan Nominal Besar
Kebanyakan orang sengaja mengisi pulsa dengan nominal yang kecil dengan alasan ingin menghemat. Padahal, mengisi pulsa dengan sistem ecer berpotensi memperbanyak biaya yang harus dikeluarkan. Jika dilihat sekilas, pulsa dengan nominal kecil adalah sangat murah dan membuat Anda jadi lebih hemat.
Sayangnya, hal tersebut tidaklah tepat. Justru mengisi pulsa langsung dengan nominal besar bisa lebih mencegah keborosan.

3. Gunakan Sistem Pascabayar
Seperti yang diketahui, ketika menggunakan layanan pascabayar, kita akan membayar pulsa sesuai dengan pemakaian sebelumnya. Dari segi sistem, tentu layanan ini memudahkan Anda untuk mengetahui secara jelas berapa pengeluaran setiap bulannya untuk pulsa. Anda juga tidak perlu membeli pulsa berkali-kali.
Tak hanya itu, melakukan pembayaran di akhir kadangkala membuat seseorang jadi lebih hati-hati dan berhemat. Ada paksaan yang tidak disengaja untuk menghemat pulsa karena khawatir tagihan akan membengkak. Tentu itu bisa dijadikan solusi tepat ketika Anda sulit untuk menghemat pulsa.

4. Beri Batasan Penggunaan
Jika menggunakan layanan pascabayar, Anda bisa secara otomatis mendapatkan kebijakan pembatasan penggunaan pulsa. Lantas, bagaimana jika layanan yang digunakan bukan pascabayar? Tentu Anda bisa memberikan batasannya sendiri.
Bagi beberapa ponsel pintar yang beredar, banyak sekali aplikasi atau fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat pulsa. Caranya adalah dengan memberikan batasan penggunaan data atau pulsa per harinya. Ketika sudah lewat batas, penggunaan pulsa atau kuota akan dihentikan.
Selain memanfaatkan fitur yang tersedia di ponsel, Anda bisa membuat batasannya sendiri secara manual. (inilah.com)