Ketika Para Pengendara di Bandung Berhenti untuk 'Indonesia Raya'

Ketika Para Pengendara di Bandung Berhenti untuk 'Indonesia Raya'
Sejumlah pengendara berhenti sejenak saat diputar Lagu Indonesia Raya melalui pengeras suara Area Trafic Control System (ATCS) di perempatan kawasan Cikapayang Dago, Kota Bandung, Senin (17/8/2020). (Syamsuddin Nasoetion)

INILAH, Bandung- Sejumlah pengendara jalan raya di pusat Kota Bandung Provinsi Jawa Barat menghentikan kendaraannya sejenak pada pukul 10.17 WIB untuk mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Senin (17/8/2020).

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan kegiatan itu dilakukan di dua titik, yakni di simpang Jalan Merdeka-Aceh, dan Jalan Cikapayang.

"Ini menjadi momentum atau embrio buat kita agar semua warga Indonesia menghormati dan mencintai Indonesia," kata Asep di Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin.

Para pengendara jalan itu diminta untuk memberhentikan kendaraannya oleh petugas Dinas Perhubungan dan petugas kepolisian yang ada di persimpangan jalan tersebut.

Kemudian para pengendara itu turun dari kendaraannya serta menunggu lagu Indonesia Raya dikumandangkan pada pukul 10.17 WIB.

Lalu pada saat lagu dikumandangkan melalui alat pengeras suara yang ada di persimpangan jalan itu, para pengendara jalan melakukan sikap sempurna sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selain pengendara roda dua maupun roda empat, para warga yang sedang ada di simpang jalan itu juga turut berhenti sejenak untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya.

"Jadi semua suruh turun, kita sikap sempurna mengenang lagu Indonesia raya, lagu kebangsaan kita yang kita cintai sesuai imbauan Presiden," kata Asep.