Liga 1 2020 Tanpa Degradasi, Robert Alberts Beri Saran Ini

Liga 1 2020 Tanpa Degradasi, Robert Alberts Beri Saran Ini
(Persib.co.id)

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts angkat bicara mengenai keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Liga 1 2020. Terutama mengenai aturan tanpa degradasi. 

Menurutnya keputusan tanpa degradasi harus dimaklumi. Terlebih pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia belum benar-benar berakhir. 

Terbukti, Liga 1 2020 dipusatkan di pulau Jawa dan tanpa penonton. Tujuannya, tak lain hany untuk menghindari paparan Covid-19. 

"Kami harus memahami masalah di sepak bola Indonesia baik itu Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Kami harus melihat dari perspektif yang berbeda, (beberapa) klub tidak bisa bermain di kandang, karena pertandingan dipusatkan di pulau Jawa. Jadi kami harus memahami PSSI dan LIB dan harus menerima itu," jelas Robert. 

Namun, Robert tak memungkiri aturan tanpa degradasi di Liga 1 2020 akan mengurangi persaingan. Terutama untuk tim yang berada di papan bawah klasemen. 

Robert memberikan saran agar sistem degradasi dijalankan untuk empat klub yang menempati papan bawah klasemen. Lalu empat tim itu dipertandingkan ulang dengan empat tim teratas dari Liga 2. 

"Jadi nanti akan ada semacam laga play off. Sehingga ini akan membuat liga lebih menarik karena setiap klub akan berusaha menghindari posisi tidak aman. Selain itu, klub dari Liga 2 juga jadi lebih bersemangat untuk masuk ke Liga 1," bebernya.

Meski demikian, Robert menyerahkan sepenuhnya kepada PT LIB dan PSSI. Menurutnya Persib siap menjalankan seluruh aturan yang diberikan. 

"Jika peraturannya tetap seperti itu, maka kami tetap menerimanya dan melihat dari sudut pandang lain mengingat kondisinya sedang seperti ini sekarang," katanya.

Robert memastikan Persib akan tetap bermain sangat serius. Terlebih saat ini tim berjulukan Maung Bandung ini menjadi pemuncak klasemen dengan tanpa meraih kekalahan. 

"Kami tidak melihat bagaimana untuk menghindari degradasi tapi kami mencari peluang untuk tetap berada di puncak. Berjuang untuk memperebutkan posisi teratas dan tentunya mencoba untuk menjadi juara. Jadi jika pertanyannya adalah bagaimana menjaga semangat pemain menghindari degradasi, kami akan berusaha untuk tetap berada di atas," pungkasnya.(Muhammad Ginanjar)