Sebelum IBER Cup 2020 di Portugal, Timnas Indonesia U-16 Fokus Benahi Mental Pemain di Bandung

Sebelum IBER Cup 2020 di Portugal, Timnas Indonesia U-16 Fokus Benahi Mental Pemain di Bandung
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Timnas Indonesia U-16 terus melakukan persiapan menjelang turnamen IBER Cup 2020 di Portugal. Selain fokus pada permainan sepak bola, mentalitas pemain juga menjadi satu fokus utama manajemen tim.

Hal tersebut disampaikan Manajer Timnas Indonesia U-16 Ray Manurung saat ditemui pada acara Bhakti Sosial Masyarakat Tionghoa Peduli, dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 di Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Senin (17/8/2020).

Menurutnya, persiapan Timnas Indonesia U-16 sudah sangat baik. Bahkan, seharusnya tim ini sudah berangkat sejak bulan April lalu. Namun, sambung Ray, karena pandemi Covid-19 yang mewabah di dunia terpaksa pelaksanaan Iber Cup 2020 harus tertunda.

"Sekarang persiapan anak-anak selama setahun ini sudah berlatih, setelah tahun lalu kita pulang dari portugal. Sekarang kita tinggal di bandung, TC (training camp) di bandung, lapangan kita ada di batununggal setiap hari latihan dua kali, jam 5 pagi sampai jam 8 pagi, sama sore jam 4 sampai jam 6 sore," ungkap Ray

"Secara umum sudah ok semua harusnya kita berangkat april kemarin tapi karena ada Covid-19 jadi diundur," sambungnya.

Meski diundur, hal tersebut tidak boleh menjadi alasan Timnas Indonesia U-16 untuk berleha-leha. Pasalnya, IBER Cup, merupakan turnamen yang cukup bergengsi. Kejuaraan ini juga akan dijadikan sebagai pintu masuk bagi pemain muda Indonesia untuk meniti karir profesional terutama di Eropa.

Ray menambahkan, selain latihan bermain sepak bola, manajemen juga sedang melatih mental para pemainnya. Pasalnya, mental bermain merupakan satu diantara faktor jika ingin meraih kemenangan dalam IBER Cup 2020 di Portugal.

"Sebelum membawa anak-anak ini ke eropa kita harus membawa mereka dulu bukan bermain di lapangan, tapi mentalitas mereka, banyak sekali anak-anak kita yang hebat main bola tapi begitu ketemu orang asing mereka jadi loyo," ujarnya.

Ditemui ditempat yang sama, Pelatih Timnas Indonesia U-16, Rochy Putiray menegaskan, tim nya diisi oleh talenta-talenta muda terbaik tanah air. Oleh karena itu, dia optimistis tim yang diasuhnya dapat menorehkan prestasi bagi bangsa dan negara.

"Mereka ini talenta terbaik nusantara, mulai Sabang Sampai Merauke ada dalam tim. Saya mohon doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Indonesia," pungkas Rochy. (Ridwan Abdul Malik)