Kecamatan Zona Hijau di Jabar Menurun Lagi

Kecamatan Zona Hijau di Jabar Menurun Lagi
net

INILAH, Bandung - Jumlah kecamatan dengan status zona hijau penyebaran Covid-19 di Jabar menurun disandingkan dua pekan terakhir. Dari total sebanyak 627 kecamatan se-Jabar, saat ini tercatat hanya 228 kecamatan yang masuk dalam zona hijau. 

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar Daud Achmad menuturkan, dua pekan kemarin sedikitnya ada 257 kecamatan yang sudah masuk zona hijau. 

"Sempat ke angka 248, sekarang dari data terakhir ke saya hanya ada 228 kecamatan hijau," ujar Daud, Selasa (18/8/2020).

Menurut Daud, saat ini penambahan angka warga yang terpapar COVID-19 di Jabar masih meningkat. Per 17 Agustus 2020, ada penambahan 45 orang yang terjangkit. Dengan adanya penambahan tersebut, maka saat ini jumlah terkonfirmasi di Jabar mencapai 8.640 orang. 

Dari jumlah kasus itu, sebanyak 238 orang yang meninggal dunia. Namun, kabar baiknya sudah ada 4.713 orang yang sembuh dari paparan Covid-19.

"Sedangkan yang sedang menjalani isolasi atau perawatan ada 3.689 orang," paparnya.

Daud menuturkan, untuk meminimalisir penyebaran kasus virus corona Pemprov Jabar sebenarnya sudah mengimbau masyarakat rajin menggunakan masker. Bahkan aturan sudah dibuat dan ditegakkan oleh aparat agar mereka yang tidak mengenakan masker di tempat umum diberi sanksi.

"Mulai dari teguran, sanksi tertulis, dan denda uang akan kita lakukan. Sekarang banyak orang lupa bawa masker, atau mereka bawa tapi tidak dipakai," ungkpanya.

Dia berharap pemerintah kabupaten/kota bisa mengeluarkan aturan sendiri agar penegakan semakin maksimal. 

"Sekarang baru beberapa seperti di Cirebon, daerah lain saya belum dapat data yang sudah buat juga," papar Daud. (Rianto Nurdiansyah)