Ada 71 Sekolah di Jabar yang Bakal Melakukan KBM Tatap Muka

Ada 71 Sekolah di Jabar yang Bakal Melakukan KBM Tatap Muka
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dedi Supandi mengatakan, sebanyak 71 sekolah di Jabar akan melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Namun, dari ke-71 sekolah itu tidak semua melakukan KBM tatap muka. Mereka harus koordinasi izin dari dari gugus tugas kabupaten/kota.

Beberapa daerah yang melakukan KBM tatap muka itu seperti Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Majalengka, Cirebon, Subang, dan Purwakarta.

"Artinya lebih banyak ke level-level mereka yang berada di zona hijau dan memberikan konektivitas internet bagus. Sebetulnya, kalau kita tidak melakukan tatap muka pun di mereka-mereka ini sudah melakukan tatap muka secara luring. Kan, metode pembelajaran itu ada daring dan luring," kata Dedi, Selasa (18/8/2020).

Dia mengatakan, Jabar merupakan provinsi yang pertama melakukan pembelajaran tatap muka. Pihaknya sudah melakukan komunikasi melalui daring dengan kepala Disdik kabupaten/kota untuk level SMP.

Ada sekitar 228 Kecamatan yang berada di zona hijau. Pihaknya sudah melakukan verifikasi kepada Cabang Dinas, bagaimana keselamatan itu dan kesehatan anak didik itu yang utama.

"Mereka akan mengikuti SMA. Kalau saya melihat, kabupaten/kota lebih ke lokasi SMP dan SD dan sudah melakukan verifikasi dari beberapa pekan yang lalu. Kementrian sudah menyampaikan bahwa daerah zona hijau, dan kuning boleh melaksanakan tatap muka," kata Dedi.

Dua menambahkan, berdasarkan peraturan perundang-undangan hak anak itu mendapatkan hak hidup, hak sehat, dan hak sekolah. Jadi, sekolah itu berada di urutan ketiga setelah dia punya hak hidup dan hak sehat.

"Sehingga indikator kita pun setelah melihat survei, selain kecamatan yang zona hijau, maka sekolah tatap muka itu di tahap awal akan kita lakulan ke sekolah yang memiliki koneksi rendah," paparnya. (Okky Adiana)