Hutan Kampung, Pilot Project Pemanfaatan Lahan Fasos Fasum

Hutan Kampung, Pilot Project Pemanfaatan Lahan Fasos Fasum
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya meresmikan Hutan Kampung di RW 14 Taman Yasmin Sektor 1, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Senin (18/8/2020). Ini merupakan pilot project lahan fasilitas umum (fasum) yang dimanfaatkan warga untuk sarana berkumpul hingga kedepannya akan dijadikan salah satu objek wisata di Kota Bogor.

"Inisiatif warganya bagus, ibu-ibunya dan Ketua RW 14 bagus. Saya titip tadi lurah, camat serta dinas-dinas membackup apa yang dibutuhkan oleh RW 14 Taman Yasmin. Satu potensi olah raga di sini juga potensi untuk sayur-sayuran ibu-ibu tadi. Bukan sekedar mengisi waktu tetapi bisa dijual maupun dikonsumsi oleh masyarakat sekitar. Masih banyak lagi celahnya untuk dikembangkan di sini," kata Bima.

Bima menyebutkan, pihaknya mendorong aset-aset Pemkot Bogor akan dikembangkan dengan pengelolaan dari warga. Sebab, ruang gerak Pemkot Bogor relatif dan membutuhkan berkolaborasi dengan masyarakat.

"Jangan sampai lahannya potensial tetapi tim nyatidak siap. Seperti di sini luas lahannya 1,4 hektare, terbilang fasum fasos yang luas. Tadi ada kolam ikan bisa disupport Dinas Pertanian. Saran saya, ini fokus ke wilayah jangan berpikir untuk keluar tapi dimanfaatkan saja warga sekitar sini, seperti ini sudah bagus," 

Sementara itu, anggota DPRD Kota Bogor Devie Prihartini Sultani mengatakan, hutan kampung yang diinisiasi RW 14 bisa dilihat prospeknya baik. Dia menyebutkan, banyak tempat seperti ini khususnya di Bogor Barat tetapi kalau tidak dimanfaatkan tidak akan menjadi apa-apa. 

"Ini bisa menjadi percontohan bagi wilayah lainnya. Ide dan inisiatifnya sudah sangat baik. Saya support memberikan bibit ikan gurame, bawal, nila dan mas. Kedepan bisa dibuat edukasi bagi anak sekolah khususnya seperti jenis-jenis pohon dan hewan yang ada di hutan kampung ini," bebernya. (Rizki Mauludi)