Dua Kota Ini Bersiap Gelar Jaringan VoLTE XL

Dua Kota Ini Bersiap Gelar Jaringan VoLTE XL
istimewa

INILAH, Jakarta - Strategi awal yang dilakukan demi menyongsong era 5G di Indonesia, para operator seluler mulai menggelar layanan Voice over LTE (VoLTE).

Di tanah air, operator terbesar kedua yakni XL Axiata bersiap menggelar layanan VoLTE dalam waktu dekat dimulai dari Jakarta dan Medan.

Group Head, VP Commercial GTM PT XL Axiata Tbk Rahmadi Mulyohartono mengungkapkan perkembangan persiapan layanan VoLTE ini telah dimulai sejak tahun lalu dan terus dikembangkan secara bertahap.

"Sebagai tahap awal, layanan ini bisa dinikmati di wilayah Jakarta dan Medan," ujarnya dalam virtual media update, Selasa (18/8/2020).

Dia melanjutkan, setelah dua daerah tadi, selanjutnya layanan VoLTE XL Axiata dikatakan bakal terus diperluas ke area lainnya, seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya.

Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core.

Sebagai informasi, VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara dijanjikan akan menjadi sangat jernih dibandingkan dengan teknologi yang ada saat ini.

"Jika kita melakukan panggilan suara, biasanya jaringan 4G plus berubah menjadi H Plus sehingga kurang jernih. Salah satu kelebihan layanan VoLTE suara menjadi lebih jernih dan streaming lancar dan sambungan suara juga kebih cepat," ujar Rahmadi.

Dia menjabarkan, hingga saat ini lebih dari 90 persen perangkat milik pelanggan XL Axiata sudah mendukung jaringan LTE, sehingga sudah bisa menikmati layanan VoLTE ini.

"Saat ini pelanggan sudah menggunakan handset dengan kemampuan LTE di atas 90 persen," ucap Rahmadi. (inilah.com)