Polda Jabar Salurkan 2.250 Paket Sembako

Polda Jabar Salurkan 2.250 Paket Sembako
Foto: Ridwan Abdul Malik

INILAH, Bandung - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat melaksanakan Bhakti Sosial Tahap IV dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75. Sebanyak 2.250 paket sembako mulai disalurkan kepada masyarakat.

Pendistribusian paket sembako dipimpin langsung oleh Irwasda Polda Jabar Kombes Pol. Syahri Gunawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Rabu (19/8/2020).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago mengatakan, sasaran penerima bantuan adalah masyarakat yang mengalami kesulitan terutama yang terdampak langsung akibat pandemi Covid-19.

"Ini wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19, Polri akan melaksanakan bhakti sosial. Kegiatan bakti sosial dimaksud dilaksanakan oleh Kasatker/Kasatwil dengan mekanisme bentuk kegiatan berupa pembagian sembako," ucap Erdi.

Lebih lanjut, Erdi mengungkapkan, pembagian paket sembako dilakukan secara langsung ke rumah masyarakat. Hal ini dilakukan, untuk menghindari adanya masyarakat yang mendapatkan paket sembako lebih dari satu kali.

"Pemberian bantuan dilaksanakan secara terkoordinir sehingga tidak terjadi duplikasi penerimaan bantuan, kemudian untuk penyerahan bantuan dilaksanakan secara langsung kepada yang berhak (door to door) untuk menghindari kerumunan massa," ungkap Erdi.

Meski begitu, Erdi menambahkan, penyaluran paket sembako haruslah tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

"Dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial tersebut, agar memperhatikan serta mempedomani protokol kesehatan dan menerapkan social atau physical distancing dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19," pungkasnya.

Untuk diketahui, selain bantuan paket sembako. Polda Jabar juga turut mendistribusikan 11.800 kg beras dan 500 APD. Untuk tingkat Polres/Polresta/Polrestabes adalah 9.230 paket sembako, 180.600 kg beras dan 43.550 APD. (Ridwan Abdul Malik)