Sektor Pariwisata Puncak-Cipanas Mulai Bergeliat

Sektor Pariwisata Puncak-Cipanas Mulai Bergeliat

INILAHKORAN, Cianjur,- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Jawa Barat, mencatat sejak satu bulan terakhir roda perekonomian di bidang pariwisata di kawasan Puncak-Cianjur, terus meningkat seiring tingginya angka kunjungan wisatawan yang datang ke wilayah tersebut.

Ketua PHRI Cianjur, Nano Indrapraja di Cianjur Rabu, mengatakan tingginya angka kunjungan terlihat dari tingkat hunian hotel yang terus meningkat terutama saat akhir pekan, bahkan sebagian besar karyawan hotel dan restoran yang sempat dirumahkan selama pandemi sudah kembali bekerja seperti biasa.

"Sejak satu bulan terakhir angka kunjungan ke sejumlah hotel dan restoran sudah berangsur normal, meskipun terjadi peningkatan, kami tetap mengimbau pengelola untuk meningkatkan protokol kesehatan pada setiap tamu yang menginap," katanya.

Seiring penerapan adaptasi kebiasaan baru, pihaknya terus menggalakkan protokol kesehatan diterapkan pengelola hotel dan restoran terhadap tamu terlebih penggunaan masker yang wajib dipakai selama berada di lingkungan hotel dan pusat keramaian serta tetap menjaga jarak.

Bahkan pihaknya mengimbau pengelola untuk menambah tempat cuci tangan untuk memudahkan tamu dalam menjaga kesehatan sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus berbahaya termasuk Corona."Harapan kami tingkat kunjungan terus meningkat dan upaya memutus rantai penyebaran Corona dapat ditekan," katanya.

Sementara Markom Le Eminence Hotel Rizky mengatakan peningkatan angka kunjungan tamu ke hotel tersebut sudah terjadi sejak beberapa pekan terakhir, meskipun sebagian besar masih didominasi wisatawan lokal dari berbagai kota di Jabodetabek dan Bandung.

"Untuk tamu asing belum ada, peningkatan yang cukup tinggi terlihat saat akhir pekan, sedangkan hari biasa peningkatan tidak terlalu tinggi. Sejak satu bulan terakhir seluruh karyawwan yang sempat dirumahkan sudah kembali masuk seperti biasa," katanya.

Ia menambahkan, seiring meningkatnya angka kunjungan, pihaknya juga terus mengimbau tamu yang datang untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, bahkan pihaknya juga menambah papan imbauan di setiap koridor dan pusat keramaian agar mudah dilihat dan dipatuhi.