Jakarta Selatan Gelar Dongeng Virtual Hibur Murid PAUD dan TK

Jakarta Selatan Gelar Dongeng Virtual Hibur Murid PAUD dan TK
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Selatan menggelar kegiatan mendongeng secara virtual bagi peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Rabu (19/8/2020).

"Dongeng virtual diikuti sebanyak 300 peserta didik PAUD, TK, bina keluarga balita (BKB) se-Jakarta Selatan melalui aplikasi 'zoom meeting'," kata Bunda PAUD Kota Jakarta Selatan Komariah Marullah, di Jakarta, Selatan.

Kegiatan mendongeng tersebut juga dimanfaatkan oleh Pemkot Jakarta Selatan untuk menyosialisasikan pendisiplinan protokol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19, yakni disiplin memakai masker, disiplin mencuci tangan dan disiplin menjaga jarak fisik.

Dongeng virtual tersebut mengangkat tema "Pahlawan Cilik Melawan Covid-19". "Melalui tema ini kita ingin mengajak anak-anak untuk dapat menerapkan penggunaan masker ketika berada di luar rumah, sehingga tidak tertular virus tersebut," kata Komariah yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jakarta Selatan.

Menurut Komariah, anak-anak memiliki kontribusi yang tinggi dalam mencegah penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, anak-anak perlu memiliki pemahaman secara menyeluruh terkait dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. "Melalui dongeng ini, kita ingin berikan pemahaman betapa pentingnya penggunaan masker saat ini," ujarnya.

Agar semakin menghibur dan menyemangati para murid TK dan PAUD yang mengikuti kegiatan mendongeng, acara tersebut juga diisi dengan pembagian hadiah dari Bunda PAUD Kota Jakarta Selatan bagi peserta yang bisa menjawab sejumlah pertanyaan dengan benar.

Kegiatan mendongeng ini menghadirkan seorang seniman dari Jakarta yang menggunakan boneka untuk menghibur peserta dongeng virtual. (antara)