Pesawat N250 Gatotkaca Dimuseumkan

Pesawat N250 Gatotkaca Dimuseumkan
Foto: Syamsuddin Nasoetion

INILAH, Bandung - Prototipe pesawat N250 Gatotkaca kini dimuseumkam. Pesawat bermesin baling-baling hasil karya anak bangsa itu ditempatkan menjadi koleksi Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta.

Manager Komunikasi Perusahaan & Promosi PT Dirgantara Indonesia (DI) Adi Prastowo mengatakan, penyerahan pesawat N250 PA01 Gatotkaca itu dilakukan berdasarkan surat keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (SKEP) Nomor 284/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020 tentang Penugasan Penerimaan Hibah Pesawat PA01 N250 milik PT DI untuk ditempatkan di Muspusdirla Yogyakarta.

Menurutnya, pesawat N250 itu dikirimkan ke Yogyakarta melalui jalur darat. Untuk itu, pihaknya melakukan pembongkaran pesawat. Mulai dari membuka semua panel akses di bagian utama, engine, propeller, maupun struktur utama pesawat N250 seperti body, wing, dan vertical stabilizer.

"Ini dilakukan agar bagian-bagian struktur pesawat yang dibongkar tidak mengalami kerusakan hingga nanti dipasang kembali di Yogyakarta," kata Adi, Rabu (19/8/2020).

Rencananya, Muspusdirla Yogyakarta akan melakukan proses penerimaan pada Selasa (25/8/2020) mendatang. Seremoni itu akan dihadiri Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Direktur Utama PT DI beserta jajaran pejabat di lingkungan TNI AU dan PT DI. (*)