Robert Alberts Setuju Pergantian Lima Pemain di Liga 1 2020

Robert Alberts Setuju Pergantian Lima Pemain di Liga 1 2020
Foto: persib.co.id

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menilai perubahan pergantian pemain di Liga 1 2020 merupakan keputusan tepat. Sebab kompetisi tertinggi tanah air memiliki jadwal yang cukup padat.

Awalnya setiap tim hanya diperbolehkan melakukan tiga pergantian pemain dalam satu laga. Kini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengeluarkan aturan baru bahwa setiap tim boleh melakukan pergantian sebanyak lima pemain. 

"Dibutuhkan banyak pemain dan pergantian pemain, karena jika saya melihat proposal jadwal liga sejauh ini, jadwalnya sangat padat karena digelar pada Oktober hingga Februari dengan memainkan 31 pertandingan, ada 6-7 pertandingan dalam satu bulan," ujar Robert. 

Selain itu, lanjutnya, pergantian lima pemain dalam satu laga itu akan membuat pelatih memiliki banyak opsi. Terlebih kabar yang didapat bahwa seluruh tim diharuskan menjalani pertandingan dengan menggunakan bus. Baik itu saat menghadapi partai kandang maupun tandang. 

"Jika melakukan perjalanan menggunakan bus artinya dibutuhkan waktu sekitar 10 jam dan itu akan sangat mempengaruhi kelelahan dari pemain risiko cedera," katanya. 

Meski demikian, pelatih asal Belanda ini akan memastikan lebih dulu mengenai aturan tim harus menggunakan bus. Sebab melakukan perjalanan dengan bus, hanya akan menguras stamina para pemain. 

"Jika ini benar terjadi, maka kami harus melakukan persiapan yang bagus bagaimana pemain siap menghadapi pertandingan dan pergantian hingga lima pemain itu masuk akal," pungkasnya. (Muhammad Ginanjar)