Robert Alberts: Ada Faktor yang Tidak Diketahui di Liga 1 2020

Robert Alberts: Ada Faktor yang Tidak Diketahui di Liga 1 2020
Foto: persib.co.id

INILAH, Bandung - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts sebut ada faktor yang tidak diketahui di Liga 1 2020 yang akan kembali dimulai 1 Oktober mendatang. Terutama mengenai kekuatan.

Robert mengatakan faktor yang tidak diketahui itu bukan dari pemain atau pelatih yang saat ini sudah meninggalkan beberapa tim. Melainkan karena faktor kebangkitan.

"Bukan soal pergantian pemain dan pelatih, tapi bagaimana klub bisa bangkit setelah lima bulan tidak berlatih dan tidak bermain di laga kompetitif," kata Robert. 

Pelatih asal Belanda ini tak pernah berpikir mengenai perubahan pemain. Sebab PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi tidak memperbolehkan tim melakukan perekrutan pemain terutama sesama anggota Liga 1. 

"Sedangkan untuk pergantian pelatih, ya semuanya tergantung bagaimana pelatih itu sendiri dan manajemen klub karena semua tidak terprediksi," tuturnya. 

Kondisi ini, kata Robert bisa dilihat di berbagai pertandingan belahan dunia, terutama di Eropa. Seperti Liga Champions atau Europa League. 

"Seperti hasil yang seakan mimpi, 8-2 kekalahan Barcelona itu unik dan itu situasinya saat ini. Ada banyak hal tidak terduga. Atau seperti tim yang tidak banyak orang tahu seperti Leipzig atau Sevilla, mereka di luar dugaan mampu mendongkrak performa tim. Dan ini juga bisa saja berlaku di liga ini. Jadi kami harus bersiap," tegasnya. (Muhammad Ginanjar)