Cegah Penyebaran Covid-19, Polresta Bandung Luncurkan Program Inovasi Mantap

Cegah Penyebaran Covid-19, Polresta Bandung Luncurkan Program Inovasi Mantap
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Guna mencegah penyebaran Covid-19 serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, Polresta Bandung meluncurkan program Mandiri Sesuai Protap (Mantap).

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, program tersebut sudah berjalan selama dua bulan kebelakang. Dan sampai saat ini masih terus berjalan.

"Dalam adaptasi kebiasaan baru ini, Polresta Bandung dua bulan lalu meluncurkan program Mantap atau mandiri sesuai protap, hingga saat ini masih berjalan," kata Hendra, Kamis (20/8/2020).

Dia mengatakan, pandemi virus corona berdampak luas terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat dunia. Di sisi lain, berbagai upaya untuk memutus mata rantai virus corona pun belum maksimal. 

Setelah dicabutnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kemudian memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, Polresta Bandung meluncurkan program Mantap, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat selama pandemi virus coroma khususnya di wilayah Kabupaten Bandung.

"Adanya program Mantap ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi, edukasi, pendampingan pada masyarakat dan pengelola tempat-tempat publik agar selalu menerapkan protokol kesehatan," Ujarnya. 

Program tersebut dilakukan dengan cara menempelkan sticker bertuliskan mantap dibeberapa tempat. Dimana selama dua bulan, sebanyak 858 lokasi yang terdiri dari pasar tradisional, supermarker, minimarket, tempat wisata hingga tempat-tempat keramaian yang dapat menimbulkan klaster baru covid 19 telah dilakukan melalui Bhabinkamtibmas jajaran Polsek. 

Hendra melaniutkan, dengan Program Mantap ini, Polresta Bandung selalu mendukung Program Pemerintah dalam menangani pandemi covid 19.

"Kami selalu memberikan imbauan dengan sticker mantap hingga ke perkampungan atau tingkat RT. Saya himbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk selalu pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak serta menghindari kerumunan," katanya.  (Dani R Nugraha)