3 Ide Mengisi Long Weekend dengan WhatsApp

3 Ide Mengisi Long Weekend dengan WhatsApp
istimewa

PEKAN ini, masyarakat Indonesia merasakan libur akhir pekan yang panjang atau long weekend, bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1422 Hijriah.

Liburan long weekend ini berlangsung di tengah pandemi virus corona sehingga masyarakat dianjurkan tetap berada di rumah demi menjaga kesehatan dan keamanan.

Platform pesan singkat WhatsApp memberikan tips memanfaatkan aplikasi tersebut untuk beraktivitas bersama teman dari jarak jauh.

1. Makan siang via WhatsApp Video Call

Pengguna bisa membuat janji dengan teman atau keluarga mengadakan acara makan bersama dari rumah masing-masing dengan panggilan video. Video call di WhatsApp bisa digunakan hingga delapan orang.

Jika ingin mengundang keluarga besar, manfaatkan fitur Rooms yang terintegrasi dengan Facebook Messenger, yang bisa menampung sampai 50 orang.

Caranya, pasang aplikasi versi terbaru WhatsApp dan Facebook Messenger di ponsel Android maupun iPhone. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk 'panggilan' dan 'buat forum' (tombol biru dengan logo kamera video).

Pengguna juga bisa membuka jendela obrolan orang yang ingin ditelepon, kemudian pilih 'lampirkan' (simbol penjepit kertas) kemudian 'forum'.

Setelah itu, ketuk 'lanjutkan di Messenger', pengguna akan dialihkan ke aplikasi Facebook Messenger. Setelah membuat nama forum, bagikan tautan forum lewat WhatsApp.

2. Main game via WhatsApp Video Call versi desktop

Pilih permainan yang bisa dilakukan bersama dari jarak jauh, misalnya permainan jadul ABC Lima Dasar.

Panggilan video juga bisa dilakukan lewat laptop atau deskto. Caranya, masuk ke WhatsApp versi web kemudian, klik menu atau simbol tiga titik di kanan atas, kemudian pilih 'buat forum'.

Pilih 'lanjutkan di Messenger', pengguna akan dibawa ke situs Messenger di browser. Pengguna perlu masuk menggunakan akun Facebook agar bisa mengakses Messenger.

Klik 'coba' kemudian 'buat forum', dan bagikan tautan lewat aplikasi WhatsApp atau email. Teman yang ingin bergabung bisa langsung mengklik tautan tersebut tanpa login Facebook.

3. Belanja di WhatsApp Bisnis

Jika toko incaran memiliki akun WhatsApp Bisnis, pengguna bisa langsung berbelanja dari aplikasi WhatsApp.

Ketuk profil bisnis tersebut untuk melihat katalog produk yang ditawarkan.

Butuh inspirasi untuk window shopping dan dibelanjakan? Scan kode QR di bawah ini untuk menambah akun WhatsApp resmi milik Prestasi Junior Indonesia dan UKM Indonesia.

Mereka telah bekerja sama dengan WhatsApp untuk mengadakan pelatihan kemampuan digital kepada pengusaha-pengusaha UMKM lokal, dan menghadirkan katalog bisnis-bisnis lokal tersebut di akun resmi WhatsApp Business-nya.

Dengan langkah sederhana di atas, Anda bisa langsung telusuri katalog UMKM lokal yang sudah mereka bina, dari Highland Roastery di Papua hingga keripik singkong Yammy Babeh di Sukabumi.

Pastinya, Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan informasi pribadi Anda ketika melakukan transaksi melalui WhatsApp, karena semua pesan dan dokumen yang dikirim dilindungi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp.

Anda bisa yakin bahwa informasi-informasi sensitif seperti nomor rekening bank dan alamat rumah hanya bisa dibaca oleh Anda dan sang penerima pesan. Bahkan, WhatsApp juga tidak bisa mengaksesnya.

Selamat menikmati akhir pekan panjang ini.