Ini Masukan Atty Untuk Raperda Koperasi dan UMKM

Ini Masukan Atty Untuk Raperda Koperasi dan UMKM
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Pansus Pemberdayaan Koperasi dan UMKM DPRD Kota Bogor dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor berkoordinasi untuk mematangkan rancangan peraturan daerah (Raperda) pemberdayaan koperasi dan UMKM. 

Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan Atty Somaddikarya mengusulkan, aturan itu bertajuk Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro.

“Jadi setelah diberdayakan, koperasi dikembangkan. Begitu juga para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Mereka merasakan manfaatnya," katanya.

Atty menjelaskan, dengan lahirnya perda ini keberadaan koperasi bisa lebih diperhatikan pemerintah. Agar koperasi tidak mati suri apalagi di Kota Bogor, dan yang paling ekstrim, tak sedikit koperasi yang bubar terlebih di tengah pandemi seperti sekarang.

Selain itu, Atty menambahkan ada juga persaingan yang hebat dengan lembaga keuangan seperti bank konvensional juga merambah langsung ke masyarakat.

"Intervensi pemerintah sangat penting pada kemajuan koperasi karena cara jitu menurunkan angka kemiskinan bagi masyarakat untuk lepas dari jeratan pinjaman instan, juga sebagai tindakan preventif menjamurnya rentenir," ujarnya. (Rizki Mauludi)