Trump Umumkan Deklarasi Bencana Besar atas Kebakaran Hutan California

Trump Umumkan Deklarasi Bencana Besar atas Kebakaran Hutan California
Ilustrasi (antara)

INILAH, Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menyetujui dana federal untuk California, terkait dengan bencana besar akibat kebakaran hutan di wilayah negara bagian itu, demikian menurut pernyataan Gedung Putih, Sabtu (22/8).

"Hari ini, Presiden Donald J. Trump mendeklarasikan bahwa bencana besar terjadi di Negara Bagian California serta memerintahkan agar bantuan federal melengkapi upaya pemulihan dari negara bagian, suku adat, masyarakat di area terdampak kebakaran hutan yang dimulai pada 14 Agustus 2020, dan masih berlanjut," tulis Gedung Putih.

Menurut keterangan tersebut, pembiayaan federal akan tersedia bagi warga California di area Lake, Napa, San Mateo, Santa Cruz, Solano, Sonoma, dan Yolo.

Dalam keterangan yang sama, Gubernur California Gavin Newsom menyebut bahwa daerah yang dipimpinnya itu tengah berjuang melawan dua kebakaran terbesar dalam sejarah California, dan hampir sebanyak 600 titik api baru selama pekan lalu karena kekeringan.

"Ini adalah waktu dan kondisi yang belum pernah terjadi sebelumnya, namun California kuat, kami akan dapat melaluinya," kata Newsom.

Pada Jumat (21/8), Newsom menyampaikan bahwa jumlah kebakaran hutan California telah meningkat sebanyak 560 sejak pertengahan Agustus. Hal itu dipicu oleh sekitar 12.000 sambaran petir yang terjadi mulai 15 Agustus. Total seluas 312.000 hektar lahan terbakar. Di hari itu juga, Newsom mengajukan Deklarasi Bencana Besar oleh Presiden. (antara)