Android 11 Bisa Terhubung Nirkabel ke Android Auto

Android 11 Bisa Terhubung Nirkabel ke Android Auto
istimewa

INILAH, San Francisco - Google mengumumkan bahwa perangkat smartphone apa pun yang menjalankan sistem operasi Android 11 akan dapat terhubung ke Android Auto.

Mengutip The Verge, laman dukungan Android Auto yang diperbarui dari Google kini mencatat bahwa 'smartphone apa pun dengan Android 11.0' akan dapat terhubung ke Android Auto secara nirkabel.

Selain smartphone Google dan Samsung, yang telah dapat terhubung ke Android Auto, smartphone dari sejumlah produsen teknologi, seperti LG, Motorola, dan OnePlus juga akan menerima dukungan untuk layanan tersebut saat Android 11 resmi dirilis pada akhir tahun ini.

Namun, dukungan Android 11 untuk Android Auto nirkabel hadir dengan sejumlah persyaratan, yaitu pengguna harus memiliki smartphone dan head unit Android Auto yang mendukung WiFi 5GHz.

Bagi pengguna yang tinggal di Jepang atau Rusia, mereka tidak akan memiliki akses karena menurut Google wilayah tersebut tidak mendukung fitur nirkabel Android Auto.

Bahkan, di Uni Emirat Arab, ada persyaratan tambahan, yakni Google mengatakan smartphone Android di negara itu yang menggunakan WiFi 5GHz di dalam mobil harus 'mematuhi persyaratan peraturan tambahan'.

Sementara itu, dikutip dari Phone Arena, negara yang dapat mendukung layanan tersebut antara lain AS, Inggris, Australia, Brasil, Prancis, Jerman, India, Italia, Meksiko, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol dan Taiwan.

Android Auto pada dasarnya mentransfer fitur dan kapabilitas smartphone ke sistem hiburan yang kompatibel dengan mobil, sehingga memudahkan pengguna saat berkendara tanpa melewatkan apa yang terjadi pada smartphone mereka.

Aplikasi dan layanan yang tersedia di Android Auto, termasuk WhatsApp, Skype, Facebook Messenger, Spotify, dan YouTube Music. (inilah.com)