Persiapan Ridwan Kamil Sebelum Menjalani Uji Klinis Vaksin Covid-19

Persiapan Ridwan Kamil Sebelum Menjalani Uji Klinis Vaksin Covid-19
Humas Pemprov Jabar

INILAH, Bandung-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjalani penyuntikan calon vaksin Covid-19 pada Selasa, 25 Agustus 2020. Bagaimana persiapan orang nomor satu di Jawa Barat ini untuk menjalani uji klinis?

Ridwan Kamil mengaku sudah mempersiapkan diri sejak satu pekan terakhir dengan memaksimalkan kebugaran. 

"Olahraga, makan juga diatur tidak asal-asalan," ujar Ridwan Kamil, Senin (24/8/2020). 

Selain jasmani, Emil -sapaan Ridwan Kamil- pun memperkuat kesiapan batin dengan beribadah. Dan tak jarang dia membaca informasi mengenai risiko bilamana menemukan kegagalan dalam uji klinis. 

Kendati sempat merasa was-was, namun dia optimis uji klinis dapat berjalan dengan optimal. Terlebih, Emil sudah menerima informasi dari beberapa ahli medis hingga membuatnya menjadi lebih tenang. 

"Sekarang tidak was-was tapi lebih pada persiapan fisik supaya pas dilakukan kondisinya prima. Jadi besok pagi mengawali pagi saya olahraga dulu, tidur banyak juga," paparnya.

Emil mengaku, langkah yang diambil menjadi relawan vaksin Covid-19 ini yaitu untuk meyakinkan masyarkat agar ramai-ramai memerangi Pandemi. Bilamana tidak mengambil keputusan tersebut dia khawatir isu mengenai rakyat dikorbankan untuk menjadi kelinci percobaan kian menyeruak.

Terlebih, Emil pun mengaku mendapatkan nasihat dari Sang Ibu agar menjadi seorang pemimpin yang dapat diandalkan oleh masyarkat. 

"Nasihat dari ibu saya, kalau ada ramai kekhawatiran sebaliknya pemimpin yang di depan duluan baru rakyat belakangan," katanya. 

Menurut Emil, menjadi relawan vaksin Covid-19 ini bagian dari bela negara. Di mana seluruh pihak harus memiliki semangat untuk merebut kemenangan. Di mana pada kesempatan ini yaitu perang melawan Covid-19. 

"Karena ini ngetes alat senjata untuk melawan musuh. Kalau gak dites gimana, kita akan hidup di dalam ketidakpastian," kata dia. (riantonurdiansyah)