Shopee-BenihBaik-GSI Lab Berikan Tes PCR Gratis

Shopee-BenihBaik-GSI Lab Berikan Tes PCR Gratis
istimewa

INILAH,  Jakarta - Platform e-commerce Shopee bekerja sama dengan BenihBaik dan GSI Lab dalam program #SwabandSaveIndonesia, untuk memberikan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Seperti yang kita ketahui, Presiden Indonesia Joko Widodo sebelumnya telah meningkatkan target tes PCR di Indonesia menjadi sebanyak 30.000 spesimen perhari. Namun, harga tes PCR yang tergolong mahal menjadi kendala di lapangan dan tidak semua lapisan masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan ini.

Hal ini menjadi landasan semakin banyaknya pihak yang menyalurkan bantuan dan jumlah laboratorium baru didirikan guna mewadahi target ini tercapai agar pemutusan rantai COVID-19 di Indonesia dapat terwujud semakin cepat.

Public Relations Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana Noverdi mengatakan bahwa sejak awal pandemi COVID-19, pihaknya selalu berkomitmen untuk memberikan dampak sosial bagi masyarakat Indonesia, baik dari sisi internal perusahaan maupun sisi eksternal yang terlibat pada banyak inisiatif dan kolaborasi dengan mitra.

"Kami sangat mengapresiasi adanya program #SwabandSaveIndonesia bersama BenihBaik dan GSI Lab ini, dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang sebelumnya belum dapat mengakses layanan kesehatan tes PCR selama pandemi COVID-19. Untuk itu dalam kesempatan kali ini, Shopee mengajak pengguna untuk berdonasi melalui aplikasi kami, dan juga memberikan sejumlah dana untuk mendukung kesuksesan program ini," kata Aditya, dalam siaran persnya kepada INILAHCOM.

Setiap masyarakat Indonesia memiliki peranan penting dalam menekan angka penyebaran COVID-19, di antaranya dengan menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sesering mungkin.

Selain menjalankan protokol kesehatan, terdapat banyak upaya yang dapat dilakukan secara individu maupun kelompok juga, salah satunya dengan menyalurkan bantuan untuk sesama masyarakat yang terdampak.

Saat ini, terdapat banyak lembaga yang dapat menjembatani bantuan sosial atau akses layanan kesehatan ini, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Benihbaik dan GSI Lab dalam program #SwabandSaveIndonesia ini.

"BenihBaik dan Shopee telah bekerja sama dalam mengumpulkan sejuta masker untuk Palang Merah Indonesia (PMI) di awal pandemi dan berbagi sembako selama Bulan Ramadhan bagi masyarakat terdampak di Jabodetabek. Kini kami kembali menjalin kerja sama pada program #SwabandSaveIndonesia yang masih dalam ranah isu kemanusiaan bersama GSI Lab guna mendukung target Presiden dalam menekan angka penyebaran COVID-19," kata Andy F Noya, CEO BenihBaik.

"Kami sangat mengapresiasi donasi yang disalurkan oleh Shopee dan masyarakat melalui aplikasinya, kami percaya berapapun kontribusi donasi yang diberikan masyarakat akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan," lanjut dia.

Adapun cara untuk berdonasi pada program #SwabandSaveIndonesia melalui aplikasi Shopee yakni sebagai berikut:

- Buka aplikasi Shopee
- Pilih button Pulsa, Tagihan, dan Hiburan pada halaman utama
- Pilih menu Donasi Swab Test
- Masukkan nominal donasi di program #SwabandSaveIndonesia
- Atau mudahnya klik https://shopee.co.id/produk-digital/m/special-event melalui aplikasi Shopee di smartphone
- Pengguna dapat melakukan pembayaran dengan berbagai metode, termasuk ShopeePay

Sementara itu, Direktur Utama GSI Lab dr Nino Susanto menyebut bahwa melalui program ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk dapat berdonasi, menyediakan tes PCR gratis bagi masyarakat yang membutuhkan, dimana setiap dua tes PCR yang dananya berasal dari donasi yang terkumpul, GSI Lab akan mendonasikan satu tes PCR tambahan.

"Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 untuk memastikan pengetesan PCR gratis dapat terdistribusi dengan baik," pungkasnya. (inilah.com)