Satu Lagi Kuliner Unik di Purwakarta, Surabi Gapura Kang Dyan

Satu Lagi Kuliner Unik di Purwakarta, Surabi Gapura Kang Dyan
Ilustrasi (asep mulyana)

INILAH, Purwakarta – Kue Surabi, mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Ya, penganan berbentuk bulat yang berbahan dasar tepung beras itu, saat ini bisa jadi sebagai kuliner khas yang melegenda.

Biasanya, kuliner khas Jawa Barat ini disajikan dengan gula aren yang dicairkan (kinca) sebagai sausnya. Terkadang, ada juga yang lebih suka menyantapnya secara original atau dengan sambal oncom.

Sejak zaman nenek moyang, tampilan surabi mungkin hanya begitu-begitu saja. Yakni berwarna putih polos dengan hiasan hitam bekas tungku pembuatan di bagian bawahnya. Namun, seiring perkembangan zaman, penganan surabi juga turut berkembang.

Bahkan, ada sebagian dari para pedagang sengaja memodif tampilannya. Tak heran, jika saat ini surabi bisa dinikmati dengan berbagai varian rasa. Bahkan, penyajiannya juga sudah semakin menarik.

Di Kampung Cikopak, Desa Mulyamekar, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, ada seorang pedagang yang cukup piawai memodif kue surabi menjadi makanan yang ‘ngangenin’. Dyan Rusdiana (38) namanya. Warga di lingkungannya sering menyapanya dengan nama Kang Dyan.

Dyan mengaku, dirinya mulai melirik peluang usaha makanan rakyat ini sejak 2011 lalu. Awalnya, dia hanya menyajikan surabi tanpa tambahan topping apapun, alias original. Namun, seiring berjalannya waktu, dirinya kemudian mencoba membuat ide resep baru untuk dagangannya ini.

“Saat itu, saya mencoba membuat beragam varian rasa untuk kue surabi saya ini. Alhamdulillah, ternyata cukup digandrungi, apalagi oleh para remaja,” ujar Dyan kepada INILAH, Selasa (25/8/2020).

Dia mengaku, surabi hasil modifikasinya ini ternyata tak hanya disukai kalangan milenial. Tapi, juga kerap dipesan oleh para pejabat untuk acara kedinasan. Bahkan, surabinya saat ini juga sudah dikenal hingga mancanegara.

Dia menjelaskan, kue surabi buatannya ini dibuat dengan beragam varian rasa dibubuhi berbagai topping kekinian yang menggugah selera. Sebut saja, surabi fla durian, surabi cokelat keju susu, surabi ayam mayonaise, surabi abon sosis, dan banyak varian lainnya. Terbaru, ada surabi topping fla buah naga.

“Sampai saat ini, sudah ada 40 varian rasa. Pengunjung tinggal pilih saja, suka dengan yang mana,” jelas dia.

Dikenal dengan nama Surabi Gapura Kang Dyan ini, sudah banyak pelanggan dari kalangan artis ibu kota. Sebut saja, di antaranya Della Puspita dan pedangdut Akademi, Irwan. Kian hari, omzet yang didapatnya terus meningkat. Untuk harga sendiri, dia membanderolnya dengan harga termurah Rp5.000 dan paling mahal Rp15 ribu. (asep mulyana)