Yana Akan Percantik Kawasan Gedong Cai Tjibadak

Yana Akan Percantik Kawasan Gedong Cai Tjibadak

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membuat ruang publik di sekitar mata air Tjibadak.

Menurut dia, bangunan Gedong Cai yang berada di wilayah Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap tersebut, merupakan peninggalan kolonial Belanda dan sumber air bagi warga Kota Bandung.

"Ini sudah ada sejak 1921, dan memang kelihatannya butuh perhatian dari PDAM karena kelihatannya kurang perhatian," kata Yana di Balai Kota Bandung pada Rabu (26/8/2020).

Debit air yang berasal dari waterleiding atau pipa saluran air Gedong Cai terbilang cukup besar yakni sekitar 200 liter per detik. Selain itu, kualitas airnya pun dinilai cukup baik dan bening.

Yana pun berharap, keberadaan mata air Tjibadak dapat dimanfaatkan baik PDAM Tirtawening Kota Bandung untuk menambah pasokan air baku bagi kebutuhan masyarakat Kota Bandung.

"Saya berharap PDAM sebagai perusahaan daerah bisa mengaktivasi lagi dan memelihara tempat ini. Dan di sekitar sini bagus juga untuk wisata alam. Nanti oleh Dinas Pekerjaan Umum dirancang," ucapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi mengaku tengah merencanakan untuk membangun ruang publik yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Untuk tempatnya akan dikembangkan DPU, sementara untuk matahari tetap dikelola PDAM. Tetapi kan sayang kalau hanya sekedar mata air karena bisa menjadi ruang publik," kata Didi.

Dia menambahkan, untuk kawasan di sekitar Gedong Cai yang merupakan bangunan bersejarah dengan sumber mata airnya tersebut harus bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar.

"Untuk air, penggunaannya bisa banyak seperti untuk budidaya ikan atau bahkan taman air yang bisa juga menjadi ruang publik. Kalau objek vitalnya ada area yang harus steril," ucapnya. (Yogo Triastopo) 

 

Attachments area