Antisipasi Dampak Kemarau, Diskominfo Purwakarta Siagakan Petugas Call Center 112 

Antisipasi Dampak Kemarau, Diskominfo Purwakarta Siagakan Petugas Call Center 112 
net

INILAH, Purwakarta - Pemkab Purwakarta selama ini memiliki layanan call center khusus kedaruratan. Jika di negara Amerika Serikjat terkenal dengan nomor 911, di wilayah ini ada 112 yang menjadi nomor khusus masyarakat jika memerlukan bantuan dari pemerintah. 

Layanan ini sengaja diluncurkan pemerintah setempat sebagai bagian dari ikhtiar dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk teknisnya, masyarakat yang membutuhkan layanan darurat tinggal menghubungi nomor tersebut. Nanti, operator yang telah standby 24 jam akan langsung mengarahkan ke layanan yang diperlukan warga itu sendiri. 

Di musim kering ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat yang dalam hal ini sebagai pengelola layanan tersebut, meminta supaya masyarakat memanfaatkan layanan call center ini. Apalagi, yang berhubungan dengan kekurangan air bersih atau dampak lain yang timbul dari musim kering ini. 

“Kami siagakan petugas call center ini 24 jam. Jika terjadi kekurangan air, kebakaran, atau masalah yang timbul di musim kemarau ini, masyarakat bisa menghubungi call center 112. Nanti, petugas kami akan membantu mengordinasikan dengan pihak terkait untuk segera mengirim bantuan,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta Ida Hamidah kepada INILAH, Rabu (26/8/2020).

Ida menyadari, musim kemarau telah menunjukan tanda-tandanya. Atas dasar itu, jajarannya tak bisa tinggal diam. Mengingat, di musim kering ini kerap bermunculun ancaman. Dari mulai ancaman kekeringan, krisis air bersih, kebakaran dan persoalan sosial lainnya.

Namun demikian, sambung dia, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya wilayah yang mengalami kekeringan ataupun kekurangan air bersih. Meski begitu, jajarannya akan bersiaga untuk turut memfasilitasi keluhan warga tersebut.

“Jadi, nanti tinggal hubungi saja call center kami. Beritahu kami, dimana lokasinya. Nanti kami sampaikan ke dinas terkait,” jelas dia. (Asep Mulyana)